Jadi Pemandangan Biasa di Rest Area, Ternyata Buka Kap Mesin Saat Parkir Bahaya

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Bisa dibilang jadi pemandangan biasa di rest area, banyak mobil dengan sengaja kap mesin dibuka saat parkir.

Ternyata ada bahaya di balik lelaku buka kap mesin saat diparkir dan apa perlu melakukan hal ini?


Suhu sekitar panas tidak berarti mesin overheating, ini bahaya buka kap mesin saat parkir. Billy/GridOto

Kap mesin dibuka dengan sengaja oleh pemilik, biasanya dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh. Maksud buka kap mesin saat parkir, bertujuan untuk lebih cepat mendinginkan mesin.

"Tidak ada larangan buka kap mesin, Tapi juga tidak pengaruh. Suhu mesin juga akan normal saja," tutur Arief Hidayat, CEO Wealthy Group kepada GridOto.com.

Menurut distributor car care Wealthy ini, suhu kerja mesin berbeda dengan suhu sekitar. Suhu kerja mesin berkisar 90-95 derajat celcius.

Di sinilah efisien tenaga dan konsumsi BBM didapat. Kipas atau extra fan akan berputar otomatis jika mesin butuh pendinginan.

Sehingga sebenarnya suhu ideal mesin segitu saja. Dengan catatan sistem pendinginan bekerja optimal. Berbeda dengan suhu sekitar yang mungkin dirasakan pemilik mobil.

Panas di area luar bonnet terasa di sekitar mobil. Jadinya engine hood dirasa perlu dibuka. Nah saat proses membuka kap motor bisa jadi momen berbahaya.

Apalagi jika komponen itu panas, sehingga bisa melukai tangan. Kalau terpaksa buka harus pakai alas atau sarung tangan.

Selain itu jangan duduk di sekitar bagian depan mobil jika dirasa panas. Begitu juga jangan parkir di kepadatan, pasti potensi panas mengganggu lalu-lalang orang lewat.

Serba salahnya, mobil juga tidak bisa ditinggal ke toilet atau restoran. Soalnya mobil masa kini, salah satu sensor atau switch alarm ada di bagian dalam area mesin. Jadi jika di mobil kunci pakai remote, maka alarm berbunyi.

Selain itu siapa tahu ada tangan jahil yang mengincar komponen mesin, kalo mobil ditinggal pergi. Terakhir, dari segi estetika kayaknya kurang enak dilihat. (*)

Sumber                 : GridOto.com 

  • Bagikan