Pembangunan Waduk Segera Dimulai

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Satu lagi infrastruktur pengendali banjir akan dibangun di Kota Kendari. Setelah kolam retensi, kini giliran pengerjaan waduk atau kolam regulasi di hulu Sungai Wanggu. Sinyal dimulai proyek ini semakin terang menyusul dirampungkannya desain waduk yang akan dibangun di kawasan Nanga-nanga.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, desain pembangunan waduk sudah diselesaikan oleh Kementerian PUPR. Perampungannya dilakukan karena Waduk Pengendali Banjir Sungai Wanggu masuk dalam salah program strategis pembangunan nasional tahun ini.

“(Pembangunan waduk) sudah disetujui pemerintah pusat. Diprogramkan (tuntas) sampai tahun kedepan. (Pembiayaannya) secara multi years,” ungkap Sulkarnain Kadir, kemarin.

Soal konsep pembangunannya, Sulkarnain mengaku belum mendapatkan bocoran dari pemerintah pusat, yang jelasnya, pembangunan waduk dimaksudkan untuk mengantisipasi siklus banjir 20 tahunan di Kota Kendari. Untuk mendukung kelancaran pembangunan, pihaknya kini tengah melobi masyarakat agar mau membebaskan lahannya. Pasalnya, proyek itu membutuhkan lahan seluas 52 hektar.

“Kami siap untuk itu (pembebasan lahan). Apalagi ini (waduk pengendali banjir) menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Untuk mereduksi potensi terjadinya banjir di Kota Kendari. Saya sudah instruksikan jajaran untuk melakukan komunikasi awal (lobi) ke pemilik lahan yang menjadi lokasi pembangunan waduk,” kata Sulkarnain.

Untuk diketahui, waduk pengendali banjir dikawasan Baruga dibangun untuk menampung air luapan sungai wanggu ketika musim penghujan. Waduk diperkirakan bisa menampung 1,5 juta – 2,5 juta m³ air luapan dan diperkirakan dapat mereduksi banjir hingga 46 persen. Total yang bisa direduksi bersama kolam retensi sekira 80 persen. Itu sudah termasuk pembangunan tanggul pengendali banjir dan cekdam. Kolam regulasi ini juga mampu menyediakan kebutuhan air bersih untuk warga Kota Kendari hingga 20 liter per detik. (b/ags)

Waduk Hulu DAS Wanggu (Kolam Regulasi)
-Desain Rampung
-Anggarannya Multi Years Ditanggung APBN
-Pembebasan Lahan Dibantu Pemkot Kendari
-Lokasi Kawasan Nanga-nanga (Baruga)

Daya Tampung 1,5-2,5 Juta Meter Kubik Air
Mereduksi Banjir Hingga 46 Persen
Luas Lahan yang Dibutuhkan 52 Hektar
Bakal jadi Sumber Kebutuhan Air Bersih

  • Bagikan