Pendaftaran di PPP Dibuka Dua Pekan

  • Bagikan
Ketua DPC PPP Kabupaten Kolaka, Akhdan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah partai politik (Parpol) yang berhasil mendapatkan kursi di DPRD Kolaka pada pemilihan legislatif Februari lalu mulai membuka pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati. Salah satu Parpol yang melakukan hal tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPC PPP Kabupaten Kolaka, Akhdan, mengungkapkan, pihaknya akan membuka pendaftaran Balon kepala daerah pada 29 April 2024. "Jadi pendaftaran kami mulai buka besok (hari ini). Pendaftaran kami buka selama dua pekan," ungkap Akhdan, Minggu (28/4). Anggota DPRD Kolaka itu mengatakan, meskipun PPP hanya memiliki satu kursi di parlemen hasil Pemilu 2024, namun ia optimis jika Balon bupati Kolaka yang akan mendaftar di PPP akan ramai. Alasannya, para kandidat yang akan maju di Pilkada tetap membutuhkan dukungan Parpol pemilik kursi di parlemen.

"Pada prinsipnya, setiap Balon berusaha untuk mendapatkan kendaraan politik agar bisa mengikuti Pilkada, dan kebetulan kami punya satu kursi. Sehingga, kalau berkoalisi dengan Parpol lain yang punya kursi maka Insyaallah Balon tersebut bisa mengikuti kontestasi Pilkada Kolaka," jelas Akhdan.

Ia mengungkapkan, kandidat yang mendapat rekomendasi PPP akan diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). "Untuk mendapatkan dukungan PPP itu ada beberapa kriteria yang diperhatikan yaitu popularitas, elektabilitas dan kesiapan kandidat," ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah kursi yang ada di DPRD Kolaka ada 30. Syarat pasangan calon kepala daerah yang maju di Pilkada Kolaka melalui jalur Parpol harus mendapat dukungan 20 persen suara atau minimal enam kursi. Sementara hasil pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Kolaka 2024 yang digelar Februari lalu, PPP meraih satu kursi. (b/fad)

  • Bagikan