Bawaslu Ajak Masyarakat Memantau Rekrutmen Panwascam

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Tengah (Buteng) melakukan perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) melalui dua jalur penerimaan yakni, existing dan reguler.

Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya, menjelaskan, penerimaan melalui jalur existing yaitu dengan mengevaluasi Panwascam yang terbentuk pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penilaian dapat dilakukan melalui portofolio dan penilaian atasan langsung.

Proses evaluasi tersebut sudah dilaksanakan sesuai ketentuan dalam juknis 2442 Bawaslu RI tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan 2024 , yaitu sejak tanggal 26-27 April 2024.

“Penetapan dan pengumumannya bagi yang memenuhi syarat akan diumumkan pada tanggal 1 sampai 2 Mei 2024. Adapun penerimaan melalui jalur kedua, lanjut Helius, akan dibuka untuk umum mulai tanggal 3 Mei sampai 4 Mei 2024,” ujar Helius Udaya kepada Kendari Pos, Minggu (28/4).

Guna melahirkan anggota Panwascam yang berintegritas dan profesional, Helius mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pemantauan terhadap pola penerimaan yang dilakukan lembaganya. Sekaligus untuk mengajak memberikan tanggapan masyarakat terhadap mereka. Baik yang mengikuti jalur existing yang sementara berlangsung maupun jalur reguler nantinya.

“Tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung di kantor Bawaslu atau disampaikan melalui media sosial Bawaslu Buton Tengah,” pungkasnya. (c/uli)

  • Bagikan