Optimalkan Proses Adopsi Anak dengan Home Visit

  • Bagikan
Petugas Dinas Sosial Bombana melakukan home visit di rumah calon orang tua angkat di Desa Anugrah, Kecamatan Lantari Jaya, Bombana.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kualitas proses adopsi anak di Bombana terus ditingkatkan. Petugas Dinas Sosial bertandang ke rumah Calon Orang Tua Angkat (COTA) di Desa Anugrah, Kecamatan Lantari Jaya untuk menilai kesiapan, motivasi, potensi, sosial ekonomi, serta latar belakang orang tua yang akan adopsi anak.

Kepala Dinas Sosial Bombana, Mappatang, menekankan pentingnya melibatkan pekerja sosial dalam proses adopsi anak sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial No. 110/HUK/2009. Dengan keterlibatan pekerja sosial, diharapkan proses adopsi dapat dilakukan dengan benar dan sesuai peraturan yang berlaku serta memberikan pendampingan dan dukungan kepada COTA selama proses adopsi berlangsung.

Langkah-langkah yang kita ambil ini semoga dapat meningkatkan kualitas proses adopsi anak serta memberikan Optimalkan Proses Adopsi Anak dengan Home Visit Amsar Petugas Dinas Sosial Bombana melakukan home visit di rumah calon orang tua angkat di Desa Anugrah, Kecamatan Lantari Jaya, Bombana. bantuan kepada anak-anak yang membutuhkan kasih sayang dan pengasuhan dari orang tua yang layak,” harapnya.

Semntara itu, Muhammad Arif Tansil, Pekerja Sosial (Peksos) Anak yang memimpin tim dalam home visit tersebut, menjelaskan home visit adalah memastikan bahwa COTA benar-benar siap dan mampu memberikan kasih sayang serta pengasuhan yang layak bagi anak angkat.

“Hasil dari kunjungan tersebut menunjukkan bahwa COTA yang dikunjungi layak dan akan diajukan dalam sidang tim pertimbangan izin anak,” pungkasnya. (idh/c)

  • Bagikan