Sinkronisasi Data, Efektivitaskan Perencanaan Pembangunan

  • Bagikan
Peserta Forum Satu Data yang digelar Dinas Kominos Bombana, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Guna meningkatkan efektivitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Bombana, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfos) setempat menggelar Forum Satu Data Kabupaten Bombana. Kegiatan ini untuk memperkuat sistem informasi di Bombana.

Kepala Bidang Statistik Kominfos Kabupaten Bombana, Nasriadi, mengatakan tujuan utama dari forum ini adalah untuk melakukan sinkronisasi Data Stataisti Sektoral Daerah (DSSD) guna mendukung perencanaan pembangunan yang lebih efektif dan akurat.

Selain itu, forum ini juga menjadi ajang sosialisasi rencana penginputan DSSD pada aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPD) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

“Ini merupakan langkah penting dalam memperkuat sistem informasi di tingkat kabupaten,” imbuh Nasriadi saat membuka Forum Satu Data Bombana.

Nasriadi berharap, melalui sinkronisasi data statistik sektoral, proses pengambilan keputusan dalam pembangunan daerah akan menjadi lebih tepat dan efisien. Selain itu, penggunaan aplikasi SIPD RI dengan penginputan DSSD juga dapat mempercepat proses pengolahan data serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Forum ini menjadi momentum bagi para produsen data untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan, dengan harapan Bombana dapat memiliki data statistik sektoral yang lebih komprehensif dan dapat diandalkan untuk mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan,” pungkasnya. (idh/c)

  • Bagikan