Kesuksesan Semua Bermula dari Keluarga

  • Bagikan
Pj Ketua TP PKK Konawe Trinop Tijasari (tengah), berpose dengan warga kecamatan Lambuya sekaligus membagikan bantuan sembako di wilayah itu.
Pj Ketua TP PKK Konawe Trinop Tijasari (tengah), berpose dengan warga kecamatan Lambuya sekaligus membagikan bantuan sembako di wilayah itu.

-- Misi Besar PKK Wujudkan Indonesia Maju

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Peran Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kerap dianggap sebelah mata. Padahal kontribusi TP PPK sangat besar sebagai garda terdepan dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Kader-kader terbilang militan yang bisa bisa masuk ke dalam sistem terkecil di dalam masyarakat termasuk keluarga.

Penjabat (Pj) Ketua TP Konawe, Trinop Tijasari Harmin sangat memahami itu. Trinop menyebut, kader PKK memiliki peran penting dalam mewujudkan keluarga berkualitas di semua aspek. Mulai dari aspek agama, kasih sayang, pendidikan, reproduksi, lingkungan, kesehatan, sosial budaya, serta aspek ekonomi.

“Peran perempuan utamanya para kader PKK, sangat penting dalam mewujudkan delapan fungsi keluarga tersebut. PKK menjadi garda terdepan dalam menciptakan ketahanan keluarga,” ucap Trinop Tijasari Harmin.

Tak hanya itu, istri Pj Bupati Konawe Harmin Ramba ini mengemukakan, PKK mempunyai peran penting dalam pembangunan dengan berbagai inovasi dan kegiatan yang dilakukan lewat partisipasi dan pemberdayaan keluarga. Katanya, PKK memiliki program pokok yang selaras dengan program pemerintah.

Dengan demikian, PKK bisa menjadi pionir dalam menyosialisasikan kegiatan pembangunan. Sekaligus, mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

“Namun, tanpa adanya sinkronisasi program dan kegiatan dengan pemerintah, program PKK akan timpang. Karenanya, saya berharap agar PKK Konawe senantiasa dilibatkan dalam kegiatan perangkat daerah,” katanya mengingatkan.

Trinop Tijasari menambahkan, persoalan pada masyarakat juga pasti berkembang setiap masa. Sebab itu, TP PKK juga dituntut merespon setiap perkembangan itu. Namun menurutnya, sejauh ini PKK sangat mendukung program pemerintah dilevel pusat, provinsi, maupun pemerintah daerah. Misalnya, tiga isu yang menjadi fokus pemerintah pusat saat ini. Mulai dari penanggulangan stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem.

“Tentu dari tiga permasalahan itu, berhubungan erat dengan keluarga. Dan menurut saya, kalau mau menciptakan generasigenerasi yang unggul dan hebat menyongsong Indonesia Emas, tentu semua bermuara dari keluarga,” pungkas Trinop Tijasari. (b/adi/adv)

  • Bagikan