Kemenag Buka Ribuan Formasi CPNS Penyuluh Agama

  • Bagikan
ILUSTRASI PNS, ASN (Dimas Pradipta/JawaPos.com)
ILUSTRASI PNS, ASN (Dimas Pradipta/JawaPos.com)

--Lulusan Ma'had Aly Bisa Ikut Seleksi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Kementerian Agama (Kemenag) menyepakati dan memastikan bahwa lulusan Ma'had Aly bisa ikut seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024.

Kepastian ini disampaikan karena pada Rekrutmen CASN 2024. Kemenag akan membuka ribuan formasi CPNS penyuluh agama. Adapun detail terkait klasifikasinya akan diatur lebih lanjut oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Alhamdulillah, setelah diskusi detail, kami menyepakati bahwa lulusan Ma’had Aly dari berbagai pesantren di Tanah Air bisa mengikuti seleksi CPNS penyuluh agama. Untuk teknisnya nanti klasifikasinya diatur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN),” kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Selama ini, lanjut Anas, klasifikasi rekrutmen penyuluh hanya dari lulusan perguruan tinggi keagamaan seperti UIN atau IAIN. Untuk seleksi CPNS penyuluh agama mulai tahun ini, lulusan Ma’had Aly bisa mengikutinya.

“Ini bentuk negara hadir merekognisi kekhasan sistem pendidikan pesantren. Maka tadi saya sampaikan ke teman-teman Kementerian PANRB dan BKN, rekognisi diperlukan sebagai apresiasi kepada lembaga-lembaga pendidikan yang berperan penting bagi kemajuan bangsa, termasuk di dalamnya adalah pesantren yang telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka,” lanjut Anas.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, secara teknis kebijakan itu juga akan dibahas bersama dengan Majelis Masyayikh. Majelis Masyayikh dikukuhkan pada Desember 2021.

Keberadaannya juga sebagai bentuk dari rekognisi negara terhadap kekhasan pendidikan pesantren melalui proses penjaminan mutu yang dilakukan dari, oleh, dan untuk pesantren. Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 18/2019 tentang Pesantren. (jpg)

  • Bagikan