Perubahan Iklim, Kerusakan Lingkungan

  • Bagikan
Ilustrasi

Penulis : Ramadhan (Jurnalis Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Imagine. Lagu John Lenon yang paling mahsyur. Ia menulis lirik dengan membayangkan dunia ini akan lebih indah tanpa pengkotak-kotakan. Dia anggap perbedaan adalah pemicu perang dan meruntuhkan peradaban. Lagu ini begitu kontroversi karena dianggap mengajak umat manusia untuk tidak beragama. Hidup tanpa perbedaan bagi dia lebih damai. Jhon dianggap menganut paham komunisme namun ia membantahnya.

Namun dunia berkata lain. Peradaban runtuh bila karena perang, mungkin Jepang sudah tak ada. Hirosima dan Nagasaki, hancur lebur setelah dibom atom oleh pasukan Amerika. Jerman dan Rusia juga sudah sirna setelah pertempuran Stalingrad (23 Agustus 1942 – 2 Februari 1943). Itu adalah pertempuran besar Perang Dunia II di mana Nazi Jerman dan sekutunya melawan Uni Soviet untuk menguasai kota Stalingrad (sekarang Volgograd) di Rusia Selatan, di perbatasan timur Eropa.

Ditandai dengan pertempuran jarak dekat dan serangan langsung terhadap warga sipil lewat serangan udara, sering dianggap sebagai yang terbesar dan pertempuran paling berdarah dalam sejarah peperangan. Kerugian besar yang diderita Wehrmacht Jerman membuatnya bisa dibilang yang paling strategis dalam menentukan pertempuran di keseluruhan perang. Namun kedua negara itu sampai hari ini masih menjadi negara maju.

  • Bagikan