Perubahan Iklim, Kerusakan Lingkungan

  • Bagikan
Ilustrasi

Gelombang panas bisa berarti “mematikan” secara harfiah. Seperti di negara bagian Maharashtra, India, setidaknya 13 orang meninggal akibat sengatan panas setelah menghadiri upacara penghargaan negara pada Minggu, 16 April 2023.

Menurut Ekonom lingkungan Lan N. Lee dari Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank atau ADB) juga menganggap perubahan iklim adalah penyebab utama gelombang panas, baik yang berintensitas rendah, parah, maupun ekstrem. Perubahan iklim dipengaruhi aktivitas manusia yang tak ramah lingkungan, seperti penambangan ugal-ugalan.

Alam Indonesia Magnet Dunia?

Indonesia sebuah negara pasifik yang memiliki kandungan nikel dunia sebesar 25 persen. Tentunya menjadi incaran negara-negara raksasa dunia. Perusahaan asing berlomba-lomba berinvestasi di negeri ini. Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Sumatera dan Papua adalah Pulau-pulau yang menjadi magnet bagi investor kelas kakap.

Perusahaan asal Tiongkok belakangan ini paling dominan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik smelter, pengolaan pemurnian nikel. Sulawesi Tenggara-Sulawesi Tengah adalah daerah yang di antaranya menjadi lahan bisnis mereka. Meski sempat mendapat penolakan warga setempat, namun aktivitas tetap terus berjalan atas nama investasi dan pembangunan ekonomi serta menyerap tenaga kerja.

  • Bagikan