Irda Siswanto Membidik Kursi Bupati

  • Bagikan
Ketua Kadin Bombana Irda Siswanto (2 dari kanan), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (2 dari kiri), Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (kiri) dan Manajer IT Kendari Pos Heril (kanan) usai mengisi podcast Kendari Pos Channel, Jumat (15/3/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Ketua Kadin Bombana Irda Siswanto (2 dari kanan), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (2 dari kiri), Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (kiri) dan Manajer IT Kendari Pos Heril (kanan) usai mengisi podcast Kendari Pos Channel, Jumat (15/3/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--Ketua Kadin Siap Tarung di Pilkada Bombana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Irda Siswanto, salah satu tokoh pemuda yang sudah mendaklarasikan diri membidik kursi bupati Bombana pada Pilkada serentak 2024. Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bombana itu siap tempur di kontestasi Pilkada.

Irda mengatakan Kabupaten Bombana memiliki Sumber Daya Alam (SDA) sangat melimpah. Terutama dari sektor pertambangan emas, dan nikel. Begitu pula sektor pertanian dan perikanan yang menjadi unggulan sumber perekonomian masyarakat. Namun, ditengah berlimpahnya SDA daerah itu, rakyat bombana masih berada dalam bayang-bayang kemiskinan.

“Saya ini berasal dari kampung yang mengadu nasib ke kota orang. Saya ikutikut orang dan alhamndulillah berhasil membangun perusahaan sendiri tahun 2014. Dan kini sudah saatnya kembali membangun Bombana. Karena begitu miris melihat kampung halaman saya, masyarakatnya masih banyak yang berada dalam kategori miskin,” ujar Irda Siswanto saat menjadi narasumber dalam podcast Kendari Pos Channel yang dipandu Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin, Jumat (15/3/2024).

Misi Irda bertarung di Pilkada Bombana 27 November 2024 didasari panggilan nurani untuk berjuang maksimal menyejahterakan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya alam yang optimal. Motivasi Irda ingin membangun Bombana juga tidak lepas dari inspirasi melihat kinerja Pj Bupati Burhanuddin saat memimpin Bombana.

Kendati tidak begitu lama menahkodai Bombana, namun Burhanuddin mampu membangun infrastruktur jalan, bahkan rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana ke 2. Dalam kurun waktu singkat Burhanuddin bisa bekerja nyata menjawab keluhan masyarakat seperti membangun jalan yang selama ini rakyat nantikan.

“Sementara pemimpin-pemimpin sebelumnya begitu sulit mengerjakan apa yang menjadi masalah mendasar masyarakat. Saya akan coba menerapkan apa yang telah dilakukan Burhanuddin dan memaksimalkannya jika terpilih menjadi Bupati Bombana,” ungkap Irda.

Untuk meneguhkan langkahnya maju di Pilkada Bombana, Irda Siswanto intens membangun komunikasi dengan beberapa partai politik yang nantinya sebagai kendaraan politik ketika mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun secara spesifik, ia enggan menyebut parpol yang bakal mendukungnya.

“Saat ini masih fokus membangun popularitas di tengah masyarakat untuk menggenjot elektabilitas saya. Termasuk memperkenalkan visi misi saya kepada masyarakat tentang arah pembangunan ideal untuk Bombana jila saya terpilih,” beber Irda.

Usai menghimpun kekuatan di tengah masysrakat, Irda bakal mengumumkan sosok wakil yang akan mendampinginya. Sebelum Agustus 2024, Irda bakal memperkenalkannya ke publik.

“Terkait siapa sosoknya, intinya yang bisa berkolaborasi dengan baik membangun daerah. Termasuk dicintai masyarakat dan mengerti tentang pemerintahan,” imbuhnya.

Dalam pengelolaannya SDA di Bombana, sambungnya, terjadi berbagai ketimpangan atau masalah yang begitu kronis. Ia mencontohkan, tidak sedikit tenaga asing datang bekerja di Sultra termasuk di Bombana. Disatu sisi tidak sedikit pula anak daerah yang mengadu nasib atau mencari kerja di daerah lain.

“Kita punya SDA yang kaya raya, namun masyarakat masih banyak dililit masalah ekonomi. Ini masalah besar yang tak boleh dibiarkan berlarut-larut,” kisahnya.

Ketersediaan SDA di Bombana tidak dapat dinikmati oleh masyarakat setempat. Kecuali warga harus bekerja menjadi karyawan baru bisa merasakan hasil ekonomi eksplorasi SDA daerah. “Di satu sisi daerah sangat kekurangan pengusaha lokal yang didorong untuk mengelola kekayaan sda secara mandiri,” papar Irda.

Irda dikenal sebagai pengusaha yang bergerak di sektor pertambangan. Bahkan dengan kepiawaiannya mengelola bisnis, ia dipercaya memimpin Kadin Kabupaten Bombana. Berbagai kegiatan menghidupkan UMKM telah banyak ia gelar.

“Bersama teman-teman Kadin Bombana, kami kerap menghadirkan event ekonomi atau mewadahi para pengusaha lokal untuk lebih maju. Belum lama ini, kami menggelar kegiatan bertajuk Rumah Bagi Para Pengusaha yang diselenggarakan di Bombana,” tandas Irda Siswanto. (ali/b)

  • Bagikan