MAN IC Kendari Gelar I-Smart Competition 2024

  • Bagikan
Suasana I-Smart Competition 2024 di aula MAN IC Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Suasana I-Smart Competition 2024 di aula MAN IC Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai upaya untuk meningkatkan bakat atau skill siswa, MAN IC Kendari gelar I-Smart Competition 2024 dengan tema The depths ocean of knowledge exploring the sea, uncovering knowledge waves of victory. Event ini digelar di aula MAN IC Kendari mulai 5 hingga 9 Maret mendatang.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kemenag Sultra, La Rija mengungkapkan bahwa kegiatan I-Smart Competition 2024 ini juga didukung oleh Kemenag Sultra, karena dapat menjadi wadah pengembangan bakat para pelajar SMP/MTs di Sultra. Khususnya pengembangan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya termasuk jurnalistik, serta bahasa dan sastra.

“Kami dari Kemenag Sultra berharap kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan lagi, kalau perlu peserta dari Kabupaten lain ditambah," ungkapnya, usai membuka kegiatan.

Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim, mengatakan bahwa I-Smart ini merupakan program tahunan di osis MAN IC Kendari. Sehingga yang menyusun kegiatan dan yang terlibat dalam kegiatan secara langsung adalah OSIS MAN IC Kendari.

“Sedangkan, pihak sekolah memantau dan mengawasi para OSIS dalam menyusun kegiatan, dan memberikan saran jika masih ada yang belum dipahami terkait mekanisme kegiatan,” bebernya.

Keterlibatan OSIS dalam I-Smart ini kata dia, adalah untuk mengajarkan kepada mereka bagaimana caranya mengelola kegiatan yang besar, dan terlibat secara langsung dengan masyarakat. “Sehingga kegiatan ini betul-betul merupakan hasil jerih payah dari OSIS MAN IC Kendari,” katanya.

Sementara Ketua Panitia, Arif Talayansyah, menyebut bahwa I-Smart Competition diikuti oleh 250 peserta berasal dari 12 sekolah SMP/ MTs se-Sultra. “Adapun salah satu sekolah yang mengikuti yakni MTs Nurul Ilmi Napabalano, MTSN 1, 2, dan 3 Konawe, SMPN 1 Kendari, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Qalam Kendari, MTs Pesri Kendari, dan SMP TQ Mu'adz Bin Jabal Ke dari. "Dalam I-Smart Competition ini terdapat 13 cabang lomba, yang terbagi menjadi tiga kategori atau bidang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa tiga bidang tersebut, yakni olimpiade, bahasa dan sastra, serta jurnalistik. Untuk bidang olimpiade terdiri dari olimpiade IPA, IPS dan matematika, lomba cepat tepat IPA, IPS, dan Matematika, serta Rangking satu.

Sedangkan bidang Bahasa dan Sastra berupa cipta dan baca puisi, lalu bidang Jurnalistik berupa lomba liputan berita tentang ISmart Competition.

"Tujuan diadakannya ISmart Competition, agar para pelajar SMP/MTs dapat mengembangkan bakat-bakat mereka, sehingga kami berharap prestasi-prestasi pelajar di Sultra semakin meningkat," pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan