Warga Dimudahkan Akses Pangan Murah

  • Bagikan
Pj Bupati Bombaana, Edy, bersama warga yang membeli bahan pangan GAUL di RTH eks MTQ Kelurahan Lauru. (MASLINDAH/KENDARI POS)
Pj Bupati Bombaana, Edy, bersama warga yang membeli bahan pangan GAUL di RTH eks MTQ Kelurahan Lauru. (MASLINDAH/KENDARI POS)

-- Pemkab Luncurkan GAUL Pangan Pokok

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemkab Bombana terus berupaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Ramadhan 1445 Hijriah. Karena itu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bombana, menggelar Gerakan Pangan Murah Keliling (GAUL) komoditas pangan pokok di Ruang Terbuka Hijau (RTH) eks MTQ di Kecamatan Rumbia Tengah, Rabu (29/2).

Sekertaris Daerah Bombana , Man Arfa menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari langkah nyata Pemkab ntuk menjaga kestabilan harga bahan pangan serta mencegah terjadinya inflasi menjelang Ramadan.

“Fokus utama GAUL adalah memberikan akses pangan murah kepada masyarakat. Sekaligus menjaga agar harga pangan tetap terkendali,” ungkapnya.

Man Arfa menjelaskan, beberapa bahan pokok, khususnya beras mengalami sedikit kenaikan harga akibat pengaruh El Nino pada musim petani lalu. Meski demikian, masyarakat diminta untuk tidak khawatir, karena laporan TPID Bombana menyatakan saat ini pasokan beras masih relatif sangat aman menjelang bulan suci Ramadan.

“Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya inflasi terhadap harga pangan. Beberapa langkah strategis terus kita lakukan seperti, mendorong peningkatan produksi melalui program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), optimalisasi lahan kosong untuk tanaman cabai, dan pelaksanaan operasi pasar atau gerakan pangan murah. Selain itu, perluasan kerjasama antar daerah, terutama dengan daerah yang memiliki surplus pangan ke daerah yang mengalami defisit,” jelasnya.

Tak hanya itu, GAUL sebagai inisiatif yang melibatkan berbagai pihak, termasuk petani lokal, pedagang, dan konsumen, diharapkan dapat menciptakan sistem distribusi pangan yang efisien, merata, dan terjangkau. Melalui kerjasama lintas sektor ini diharapkan masyarakat Bombana dapat menikmati pangan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dan stabil. (idh/c)

  • Bagikan