Jaga Kesehatan KPPS, Anggarkan Pengadaan Suplemen

  • Bagikan
LANCAR : Suasana perhitungan surat suara Capres dan Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Sultra dan DPRD Kabupaten Konut oleh KPPS di TPS Desa Tetelupai, Kecamatan Lasolo, kemarin. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)
LANCAR : Suasana perhitungan surat suara Capres dan Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Sultra dan DPRD Kabupaten Konut oleh KPPS di TPS Desa Tetelupai, Kecamatan Lasolo, kemarin. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Helatan pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) serentak 14 Februari 2024 di Konawe Utara (Konut), terpantau aman dan terkendali. Kesimpulan itu sesuai hasil monitoring Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di lapangan pada 260 tempat pemungutan suara (TPS).

“Alhamdulillah, dari hasil pantauan, Pemilu berjalan aman, tertib dan terkendali, tak ada kendala. Logistik terpenuhi. Di TPS ada kekurangan ataupun kelebihan surat suara, namun tidak terlalu signifikan. Ini juga tidak memengaruhi partisipasi pemilih,” ujar Ketua KPU Konut, Abd. Makmur, Rabu (14/2). Dengan kondisi Pemilu yang berjalan aman dan tertib, pihaknya berharap tidak ada pemungutan suara ulang (PSU).

Mantan Anggota Bawaslu Konut tersebut menambahkan, terkait dengan perhitungan surat suara diproyeksi akan berjalan hingga malam hari. Pihak KPU Konut telah bersurat ke PLN untuk memastikan tak ada pemadaman listrik.

“Insyaallah tidak ada pemadaman, kecuali di luar kendali PLN yang disebabkan faktor alam atau pohon tumbang. Tetapi yang sifatnya pemadaman rutin, tidak akan dilakukan oleh PLN selama perhitungan suara. Namun bila terjadi, kami sudah mengantisipasi dengan menyiapkan genset pada semua TPS,” ujar Abd. Makmur.

Terkait dengan pengamanan, KPU Konut mendapat backup dari unsur kepolisian, TNI hingga Linmas yang telah disebar disemua TPS. Dengan begitu, penyelenggara merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya dan warga dapat menyalurkan hak suara di TPS. Sedangkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran KPPS yang bertugas sejak pagi hingga proses perhitungan surat suara, telah disiapkan anggaran.

“Untuk menjaga kesehatan penyelenggara ditingkat KPPS, KPU telah mengganggarkan sesuai yang diatur Sekretaris Jenderal KPU RI. Salah satunya untuk pembelian suplemen. Sehingga kami sudah instruksikan pada KPPS agar membelanjakan suplemennya sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Abd. Makmur. (c/min)

  • Bagikan