Desak Anies di Kendari 9 Januari

  • Bagikan
Sekretaris DPW NasDem Sultra, Abdul Aziz
Sekretaris DPW NasDem Sultra, Abdul Aziz

--Ribuan Massa Bakal Hadir Berdialog

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan bakal bertandang di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Capres RI nomor urut 1 itu diagendakan berkunjung menyapa pendukungnya dalam acara Desak Anies pada Selasa, 9 Januari 2024 di Hotel Claro Kendari.

Sekretaris DPW NasDem Sultra Abdul Aziz mengatakan, Anies diagendakan tiba 9 Januari sekira pukul 13.00 Wita di Bandara Halu Oleo usai mengikuti kegiatan di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Dari bandara, Anies menuju Hotel Claro Kendari.

“Setelah istrahat sejenak, Anies bakal berdialog dengan 3.000 massa terkait perubahan untuk Indonesia ke depan. Diskusinya bebas apa saja menyangkut kebangsaan atau masalah apa saja tentang Indonesia khususnya di Sultra yang butuh solusi cepat dan tepat dari pemerintah,” kata Abdul Aziz kepada Kendari Pos, Kamis (4/1/2024).

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Anies-Muhaimin di Sultra La Ode Bariun menuturkan, capres Anies Baswedan juga bakal berdialog dengan mahasiswa, UMKM, pegiat media sosial, dan lain-lain. Dialog atau kampanye tertutup Anies mengedepankan metode interaktif tanpa batasan tema dan langsung bertatap muka. Sehingga peserta kampanye bisa memahami dengan baik setiap materi ataupun gagasan yang disampaikan Anies.

“Ini kedatangan perdana Anies di Sultra. Kami sebagai bagian relawan Anies-Muhaimin optimistis bakal memenangkan paslon urut 1 ini dengan perolehan suara signifikan. Dasar optimisme itu adalah Anies-Muhaimin didukung kapabilitas mumpuni dan rekam jejak positif yang konkret dan keduanya memiliki nilai jual yang tinggi di tengah masyarakat,” kata La Ode Bariun kepada Kendari Pos, Kamis (4/1/2024).

Terpisah, pengamat politik Sultra Dr. Muh Najib Husain, S.Sos., M.Si mengatakan, masyarakat Sultra patut berbangga dengan kunjungan setiap calon presiden calon wakil presiden (capres cawapres). Kedatangan mereka akan menepis berbagai rasa penasaran ataupun kekaguman pada setiap paslon capres cawapres. Termasuk agenda kedatangan Anies di Sultra, akan membawa angin segar bagi para pendukungnya.

“Hasil survei, Anies selalu berada di bawah, termasuk di Sultra. Nah, dengan kedatangan Anies di Sultra akan berpotensi mempengaruhi tensi atau ritme persaingan politik di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tak bisa dielakan, potensi melejitnya pendukung Anies di Sultra bisa saja terjadi dengan adanya kunjungan 9 Januari nanti,” kata Dr. Muh Najib Husain kepada Kendari Pos, (4/1/2024).

Kendati demikian, kata dia, popularitas dan kecenderungan pemilih di Sultra masih lebih dominan ke Prabowo Subianto. Catatan demokrasi hasil Pemilu 2019 lalu, nama Prabowo keluar sebagai pemenang denga persentase kemenangan kurang lebih 60 persen. Nama Prabowo masih begitu mengakar diingatan masyarakat terutama pada pemilih tradisional.

“Untuk menggeser posisi Prabowo di Sultra, Anies butuh gebrakan besar dengan kekuatan tim yang solid dan kompak. Tentunya harus menggunakan strategi-strategi tentatif yang jitu karena intensitas perpolitikan di Sultra sangat dinamis,” beber Dr. Muh Najib. (ali/b)

  • Bagikan