Pj Bupati Muna Barat Serahkan Beasiswa Kepada 258 Mahasiswa dan Pelajar Berprestasi

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Dr. Bahri sangat peduli peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) warganya. Berbagai upaya dilakukan. Salah satunya, dengan memberikan beasiswa.

Dr. Bahri telah menyerahkan langsung beasiswa itu secara simbolis kepada mereka yang mendapatkan. Total sebanyak 258 mahsiswa dan pelajar berprestasi mendapatkan beasiswa tersebut.

"Mereka yang mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa dan pelajar berprestasi. Baik itu prestasi akademik, olahraga, penghafal quran maupun seni," ungkap Dr. Bahri kepada Kendari Pos, kemarin.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri itu menegaskan, pemberian beasiswa dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian (perhatian) Pemkab Mubar kepada mahasiswa dan pelajar berprestasi. Karena nantinya mereka akan menjadi generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di Mubar.

"Ini adalah bagian dari tanggung jawab kita dalam mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Mereka adalah aset berharga Mubar, generasi yang akan membangun daerah ini ke depan," ujarnya.

Pj Bupati Mubar, Dr. Bahri (kiri) menyerahkan secara simbolis beasiswa prestasi pada orang tua atlet Taekwondo yang berhasil menjuarai salah kejuaraan internasional. FOTO: Akhirman/Kendari Pos

Orang nomor satu di Mubar itu menambahkan, melalui program beasiswa itu, dapat membantu meringankan beban biaya dalam mengenyam pendidikan. Sehingga, mahasiswa memiliki kemauan untuk sukses dan tidak bergantung pada siapapun.

"Semoga, nantinya mereka kembali ke Mubar, mahasiswa berprestasi itu dapat menjadi entrepreneurship yang membuka peluang kerja di Mubar," tutupnya.

Sementara itu, Kapala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Setda Mubar, La Karimu mengungkapkan, program beasiswa prestasi tahun ini, Pemkab Mubar menyiapkan anggaran sekira Rp1,5 miliar. Seluruhnya untuk mengakomodir 258 penerima beasiswa. Yaitu beasiswa mahasiswa prestasi strata satu (S1) sebanyak 204 orang, mahasiswa S2 24 orang, prestasi olahraga dan senin delapan orang, penghafal quran 30 juz 11 orang, pemghafal quran 20 juz 11 orang.

"Besaran nilai beasiswa yang diterima berbeda-beda. Untuk mahasiswa
S1 sebesar Rp 5 juta dan S2 sebesar Rp 7 juta. Penghafal quran 30 jus sebesar Rp7 juta dan dan penghafal quran 20 jus Rp 5 juta. Sememtara untuk prestasi olahraga dan seni Rp 5 juta. Hanya untuk prestasi juara Sea Games 2023 sebesar Rp 20," bebernya.

"Penyaluran bantuan hari ini dilakukan hanya sebagai simbolis. Selanjutnya, semua akan diserahkan dikeuangan untuk ditrasfer ke rekening masing-masing penerima. Insya Allah dalam waktu dekat ini, semua sudah direalisasikan. Karena semua berkas telah terpenuhi," imbuhnya. (b/ahi)

  • Bagikan