Anies Sebut Sulawesi Pondasi Kemakmuran Indonesia Timur

  • Bagikan
Anies Baswedan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menyatakan bahwa paradigma pembangunan yang akan dilakukannya jika menjadi presiden adalah pembangunan untuk pemerataan.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2023 yang mengusung tema Membangun Indonesia dari Timur.

Dalam paparannya, Anies menjelaskan bahwa perubahan paradigma pembangunan menjadi kunci pemerataan. Karena itu dibutuhkan ikhtiar untuk menekankan pada pertumbuhan dan pemerataan yang sifatnya bukan hanya sektoral tapi regional.

"Dari fokus utama pertumbuhan menuju pertumbuhan dan pemerataan, dari pendekatan sektoral menjadi pendekatan regional, dan dari yang sekedar menyelesaikan proyek pemerintah menuju pada penuntasan persoalan warga," jelasnya di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (6/11/2023).

Terkait tema Membangun Indonesia dari Timur, ia menyebut bahwa hal itu memang relevan dengan kondisi kekinian yang secara pembangunan, Indonesia masih belum merata melakukannya di Timur Indonesia.

"Sangat relevan sekali karena teman-teman ICMI memberikan kepada kita gambaran bagaimana agenda pemerintah ke depan untuk membereskan ketimpangan antar wilayah," ucap Anies

Lebih spesifik, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa Sulawesi akan menjadi pondasi kemakmuran di Indonesia bagian Timur. Apalagi kekayaan dan potensi alam Sulawesi sangat melimpah.

Menurutnya, ada tiga hal prioritas yang akan didorong ke depan di Sulawesi sebagai pusat pembangunan di timur.(jpg)

  • Bagikan