Mendagri Inspeksi Arahan Presiden

  • Bagikan
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

--Hari Ini Menteri Tito Diagendakan Kunker di Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto sudah menginstruksikan bupati/wali kota se-Sultra untuk menyukseskan 8 arahan presiden, pada September lalu. Presiden Jokowi menginstruksikan 8 arahan kepada kepala daerah dan Forkopimda se-Indonesia dalam rakornas, Januari 2023. Nah, sejauh mana implementasi arahan presiden itu, akan diinspeksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto membenarkan, kunjungan kerja (kunker) Mendagri Tito Karnavian di Sultra hari ini, Kamis (26/10/2023). Pj Gubernur Andap mengatakan, agenda kunker Mendagri dalam rangka rapat koordinasi dan meninjau pelaksanaan 8 arahan Presiden RI di Sultra.

"Kamis (hari ini,red) sore tiba di Sultra. Kegiatan rakor bersama para kepala daerah dijadwalkan Jumat besok, 27 Oktober di Kota Kendari. Kemudian akan lanjut kunjungan ke Kabupaten Wakatobi," kata Pj Gubernur Andap, Rabu (25/10/2023), kemarin.

Pj Gubernur Andap menjelaskan 8 arahan Presiden Jokowi saat rakornas kepala daerah/Forkopimda se-Indonesia. Pertama, pengendalian inflasi (kepala daerah harus intens memantau langsung harga bahan pokok). Kedua, menurunkan angka kemiskinan ekstrem (target 0 persen tahun 2024). Ketiga, mengakselerasi penurunan angka stunting. Keempat, memperhatikan iklim investasi (jangan ada izin diterbitkan berbulan-bulan).

Kelima, memastikan belanja APBD pada produk-produk buatan dalam negeri (Tingkat Komponen Dalam Negeri/TKDN). "Keenam, pemerintah kabupaten/kota harus mulai mendesain wilayahnya dengan baik sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah," jelas Pj Gubernur Andap.

Ketujuh, kepala daerah harus menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024, dan kedelapan, menjamin kebebasan beragama.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Protokoler Pemprov Sultra, Khalid Dharmawan mengatakan kunker Menteri Tito Karnavian untuk meninjau sejauh mana pelaksanaan 8 arahan Presiden Jokowi oleh kepala daerah dan penjabat bupati/wali kota se-Sultra.

"Agenda rakor bersama para kepala daerah se-Sultra pada Jumat besok, 27 Oktober 2023 sekira pukul 08.00 Wita di Hotel Claro. Selama 2 hari Mendagri berada di Kendari," ujar Khalid.

Ia menambahkan, Mendagri juga akan mengevaluasi persiapan anggaran Pemilu 2024 dalam rakor. Anggaran itu dihibahkan pemerintah daerah ke penyelengara Pemilu 2024 melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Selain kepala daerah 17 kabupaten dan kota, rakor juga akan dihadiri KPU dan Bawaslu 17 kabupaten dan kota," jelasnya.

Terkait kunjungan Mendagri ke Wakatobi, Khalid mengaku belum mendapat jadwal resmi dari Protokoler Kemendagri. (rah/b)

OMITMEN PJ GUBERNUR ANDAP

SUKSESKAN PROGRAM NASIONAL
-Gubernur adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah
-Sudah sepatutnya Pj.Gubernur Sultra, Komjen (Purn) Andap mengawal dan menyukseskan program nasional dan daerah
-Mantan Kapolda Sultra itu berkomitmen tegak lurus menyukseskan program prioritas Presiden Jokowi di Sultra

ARAHAN PRESIDEN
-Pj.Gubernur Komjen Andap mengingatkan kepala daerah dan Forkopimda di Sultra terkait arahan Presiden RI
-Ada 8 arahan Presiden saat rakornas kepala daerah/Forkopimda se-Indonesia
1.Mengendalikan inflasi
*Kepala daerah harus intens memantau langsung harga bahan pokok
*Hati-hati mengatur tarif PDAM, angkutan umum, dan lain-lain
2.Bersinergi menurunkan angka kemiskinan ekstrem (target 0 persen tahun 2024)
3.Fokus mengakselerasi penurunan angka stunting
4.Harus memperhatikan iklim investasi, jangan ada izin diterbitkan berbulan-bulan
5.Memastikan belanja APBD pada produk-produk buatan dalam negeri
6.Pemkab/kota mendesain wilayahnya dengan baik (sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah)
7.Harus menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024
8.Menjamin kebebasan beragama

DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan