Danlanal Salurkan Air Bersih di Konawe

  • Bagikan
Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (kiri) bersama Camat Lalonggasumeeto Yudhi Ibnu Hajar (3 dari kiri) saat menyalurkan bantuan 120.000 liter air bersih untuk 5 desa di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Rabu (25/10/2023), kemarin. (Muhammad Akbar Ali/Kendari Pos)
Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (kiri) bersama Camat Lalonggasumeeto Yudhi Ibnu Hajar (3 dari kiri) saat menyalurkan bantuan 120.000 liter air bersih untuk 5 desa di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Rabu (25/10/2023), kemarin. (Muhammad Akbar Ali/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kemarau panjang akibat fenomena El Nino melanda Sulawesi Tenggara dan mengakibatkan kekeringan. Warga Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe kesulitan memperoleh air bersih. Tak jarang warga membeli air bersih berkapasitas 1.200 liter untuk kebutuhan masak, cuci dan mandi. Melihat kondisi itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari tergerak menyalurkan air bersih.

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) A.K.Mulku Zahari bahkan turun langsung menyalurkan air bersih sebanyak 120.000 liter di Kecamatan Lalonggasumeeto, Rabu (25/10/2023), kemarin. Lanal Kendari menggandeng PT PLN Nusantara Power membantu menyediakan air bersih untuk masyarakat pada 5 desa selama 4 hari di Kecamatan Lalonggasumeeto.

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Karenanya kekeringan yang melanda Sultra mesti menjadi perhatian semua pihak agar tidak ada warga yang kekurangan air bersih.

“Manusia tidak akan bisa hidup tanpa air. Maka kita semua harus responsif dengan persoalan-persoalan seperti ini karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Bergotong royong mengentaskan masalah kekurangan air, salah satunya melalui bantuan air bersih,” kata Danlanal Kolonel Laut (P) A.K.Mulku Zahari kepada Kendari Pos, Rabu (25/10/2023), kemarin.

Penyaluran air bersih, kata dia, juga bagian dari bentuk kepedulian Lanal Kendari terhadap masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang.

"Mudah-mudahan melalui penyaluran bantuan air bersih ini menjadi pelecut semangat orang-orang untuk melakukan hal yang sama. Sehingga keluhan kekurangan air bersih teratasi optimal hingga situasi kemarau kembali normal," ucap Danlanal Kolonel Laut (P) A.K.Mulku Zahari.

Penyaluran air bersih di Kecamatan Lalonggasumeeto merupakan titik ketiga yang dilakukan Lanal Kendari. Sebelumnya Lanal Kendari menyalurkan bantuan air bersih di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe dan Kecamatan Abeli, Kota Kendari. “Kita berharap kemarau panjang yang melanda Sultra segera berakhir,” tutup Danlanal Kolonel Laut (P) A.K.Mulku Zahari.

Di tempat yang sama, Camat Lalonggasumeeto Yudhi Ibnu Hajar mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Lanal Kendari.

Kata Yudhi, bantuan ini sangat berharga karena masyarakat di 5 desa yang ada di Lalonggasumeeto ini paling merasakan dampak kemarau yang berlangsung sejak 6 bulan lalu.

"Untuk yang terdampak kekeringan itu di Kecamatan Lalonggasumeto ada 5 desa, yaitu Desa Bumi Indah, Lalombonde, Lalonggasumeto, Toolawawo dan Desa Rapambinopaka," kata Camat Yudhi. (ali/b)

  • Bagikan