32 Desa Terima Tambahan DD

  • Bagikan
Amir Mahmud Moita
Amir Mahmud Moita

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 32 desa dari 159 wilayah di Kabupaten Konawe Utara (Konut) mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan. Jumlah pengalokasian penambahan dana desa (DD) itu sebesar Rp 116 juta.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Konut, Amir Mahmud Moita, membenarkan, alokasi penambahan DD bagi Pemerintah Desa (Pemdes) merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap pengelolaan keuangan.

“Ada 32 desa di Konut dan masing-masing menerima Rp 116 juta perdesa. Ini mereka dapatkan karena administrasinya bagus dan realisasi anggaran tepat waktu. Sehingga mereka mendapatkan tambahan alokasi anggaran,” ujar Amir Mahmud Moita, Rabu (25/10).

Ada sejumlah indikator penilaian sehingga 32 desa mendapatkan tambahan alokasi DD APBN dari Pemerintah Pusat. Mulai dari penetapan dan penyampaian data APBDes tahun 2023, kinerja penyaluran DD, persentase anggaran BLT desa tahun 2023 serta kinerja penyampaian Perkades tentang keluarga penerima manfaat (KPM) BLT. Termasuk persentase realisasi DD pada program sektor prioritas di desa.

Amir Mahmud Moita menambahkan dengan tambahan DD APBN bagi 32 desa itu, menjadikan spirit bagi Pemdes untuk terus berbuat yang terbaik buat warga. Sehingga realisasi anggaran DD benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh warga.

“Pemerintah Pusat sangat konsen memerhatikan desa yang berkinerja baik. Kami di DPMD betul-betul melaksanakan pembinaan. Sehingga diharapkan, dengan bertambahnya dana mereka ini menjadikan semangat bagi desa lain dan yang telah menerima tambahan anggaran DD,” sambungnya.

Amir Mahmud Moita melanjutkan, tambahan alokasi DD APBN tidak terlepas dari kinerja Pemdes masing-masing dalam menata dan mengelola keuangan untuk kepentingan masyarakat. Apalagi saat ini, aparatur desa telah diwajibkan untuk berkantor setiap hari. “Bahkan apel rutin. Ini memberikan citra positif terhadap kinerja Pemdes,” pungkasnya. (c/min)

  • Bagikan