Kajati Sultra: Tak Ada Kompromi dalam Kasus Hukum

  • Bagikan
Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya, SH., MH (4 dari kanan) dan Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (4 dari kiri) bersama Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (3 dari kanan), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (kanan) serta jajaran manajemen Kendari Pos, usai silaturahmi di Kantor Kejati Sultra, Senin (18/9), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya, SH., MH (4 dari kanan) dan Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (4 dari kiri) bersama Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (3 dari kanan), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (kanan) serta jajaran manajemen Kendari Pos, usai silaturahmi di Kantor Kejati Sultra, Senin (18/9), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Perintang Penyelidikan dan Penyidikan Bakal "Dilibas"

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya, S,H., M.H, tak kenal kompromi pada pelaku melawan hukum. Kajati Dr.Patris tegak lurus demi hukum. Komitmen penegakkan hukum dengan memegang teguh asas keadilan, profesionalitas, dan integritas yang berlandaskan perundangan-undangan menjadi denyut nadi Kejati Sultra dalam bekerja.

Di bawah kepemimpinan Kajati Dr.Patris, Kejati Sultra hadir menjawab kebutuhan hukum dan pelayanan hukum masyarakat Sultra. Kejati Sultra hadir memberikan pelayanan terbaik demi terciptanya iklim birokrasi kondusif, terkendali, dan jauh dari malpraktek hukum yang berpotensi menimbulkan kerugian negara maupun masyarakat.

"Kami all out bekerja profesional tanpa pandang bulu. Siapa yang diduga bersalah melawan hukum, kami proses. Dan jika ada yang menghalangi (penyelidikan dan penyidikan), bakal kami 'libas'," tegas Kajati Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya saat berdiskusi dengan Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin bersama jajaran dalam kunjungan silaturahmi di ruang kerja Kejati Sultra, Senin (18/9), kemarin.

Menurut Kajati Dr.Patris, dalam menjalankan tugas harus benar-benar patuh pada aturan yang mengikat. Status jabatan hanyalah sebuah simbol semata. Namun demikian, melalui jabatan yang diemban memiliki konsekuensi besar. Artinya akan dimintai pertanggungjawaban di dunia maupun di akhirat.

"Semangat spiritual dalam bekerja sangat sentral. Di dunia kita bisa saja berbohong, namun ketika di akhirat kelak, kita tidak bisa mengelak di pengadilan Allah SWT. Energi ini yang senantiasa saya rawat demi memberikan pelayanan hukum terbaik dalam bekerja," ujar Kajati Dr. Patris.

Kajati Dr.Patris mengungkapkan, Provinsi Sultra memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah. Bahkan nyaris meliputi semua sektor. Saat ini yang paling di eksplorasi adalah sektor pertambangan dan pariwisata. Sumber Daya Alam (SDA) yang besar dapat mengantarkan pada kemajuan daerah dan kesejahteraan, kemakmuran bagi masyarakat.

Sebaliknya, SDA yang dimiliki juga bisa menjadi malapetaka. Semua tergantung pada sistem pengelolaan. Pada titik inilah subtansi pengawasan sangat esensial. Memastikan sistem pengelolaan SDA berjalan sesuai koridor regulasi yang digariskan.

"Gerilya perusahaan tambang dalam mengeksploitasi SDA pasti bermuara mendapatkan keuntungan. Hal ini pasti dan tak bisa dinafikan. Namun mereka mesti menyadari dan melaksanakan kewajiban sesuai regulasi yang mengatur. Di sinilah pentingnya pengawasan, agar potensi melanggar aturan tidak terjadi. Terutama terlaksananya kewajiban perusahaan kepada pemerintah pusat, daerah dan masyarakat pada umumnya. Termasuk kewajibannya tatkala selesai melakukan aktivitas pertambangan," jelas Dr. Patris.

Mantan Wakajati DKI Jakarta ini meyakini upaya penegakan hukum secara profesional akan menuai tingginya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang dipimpinnya. Meski di tengah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), namun jika berakselerasi secara harmoni dalam menjalankan tugas, pasti akan menghasilkan kinerja yang baik sesuai harapan dan cita-cita bersama.

"Keterbatasan SDM aparatur Kejati Sultra, tidak menjadi penghalang dalam memberikan pelayanan maksimal. Ini semua bentuk pengabdian optimal bagi daerah dan bangsa Indonesia," beber Kajati Dr.Patris.

Pada prinsipnya, lanjut Kajati Dr.Patris, Kejati Sultra berkomitmen mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Tentunya mencapai cita-cita besar tersebut mesti tercipta karakter kelembagaan yang berintegritas dan tegak lurus dalam menjalankan tugas. Penerapan zona integritas bebas KKN adalah salah satu formulasi tepat untuk meningkatkan wibawa serta citra Kejaksaan.

“Pencanangan pembagunan zona integritas merupakan upaya penting kita bersama. Karena mencerminkan tekad dan tanggungjawab untuk menjadikan korps Adhyaksa yang profesional dalam rangka reformasi birokrasi,” ungkapnya

Kajati Dr.Patris menambahkan, upaya dan kerja keras tersebut mesti dibarengi akurasi informasi yang disampaikan media massa ke ruang publik. Sinergisitas dengan media massa sangatlah penting. Mengingat ketepatan informasi yang disampaikan media massa diyakini dapat meningkatkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Korps Adhyaksa. Terutama untuk mereduksi fitnah dan misinformasi yang menyerang dan mendiskreditkan institusi Kejaksaan.

"Sinergisitas Kejati Sultra dengan harian Kendari Pos dalam penyajian berita diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik (public trust). Media massa menjadi kontrol sosial dan pilar keempat demokrasi. Kebebasan pers digunakan sebagai ukuran untuk melihat demokratisasi sebuah negara. Salah satu kesamaan semangat Adhyaksa dengan media massa yakni mengedepankan profesionalisme dan independensi," pungkas Kajati Dr.Patris.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi Sultra dalam kendali Kajati Dr.Patris Yusrian Jaya. Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir, penegakkan hukum di Sultra sangat dinamis dan mendapat atensi publik.

"Gebrakan Pak Kajati dalam mengusut kasus pertambangan mendapat perhatian dari masyarakat Sultra. Mungkin ada segelintir orang yang tidak suka karena kepentingannya terganggu. Namun, bisa dipastikan, banyak orang yang memberi apresiasi," ujar Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin didampingi Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin, Pimpinan Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra, dan jajaran manajemen Kendari Pos.

Direktur Irwan Zainuddin mengatakan, Kendari Pos akan terus mendukung kinerja positif yang dilakukan Kejati Sultra. Sebab, sebagai media massa, Kendari Pos menjadi bagian dalam penyebarluasan informasi.

"Kendari Pos selalu terbuka dan siap bersinergi dengan Kejati Sultra dalam hal mendorong penegakkan hukum maupun mendukung pembangunan daerah," kata Direktur Irwan Zainuddin. (ali/b)

TEGAK LURUS ATAS NAMA HUKUM

BEKERJA PROFESIONAL
-Kajati Sultra, Dr.Patris Yusrian Jaya, tak kenal kompromi pada pelaku melawan hukum
-Kajati Dr.Patris tegak lurus demi hukum
-Memegang teguh asas keadilan, profesionalitas, dan integritas berlandaskan perundangan-undangan menjadi komitmen Kejati Sultra
-Kejati Sultra hadir menjawab kebutuhan hukum dan pelayanan hukum masyarakat
-Kejati melayani demi terciptanya iklim birokrasi kondusif, dan terkendali

KOMITMEN
-Kejati bekerja profesional tanpa pandang bulu
-Siapapun yang diduga bersalah melawan hukum, akan proses
-Jika ada perintang penyelidikan dan penyidikan, bakal di 'libas'
-Dalam menjalankan tugas harus patuh pada aturan yang mengikat
-Status jabatan hanyalah sebuah simbol semata
-Jabatan yang diemban memiliki konsekuensi besar
-Kelak akan dimintai pertanggungjawaban di dunia dan di akhirat
-Energi ini selalu dirawat Kajati Sultra demi memberikan pelayanan hukum terbaik

SULTRA KAYA SDA
-Sultra memiliki potensi kekayaan alam melimpah
-Yang paling di eksplorasi adalah sektor pertambangan dan pariwisata
-SDA melimpah dapat memajukan daerah dan kesejahteraan masyarakat
-Sebaliknya, SDA juga bisa menjadi malapetaka
-Semua tergantung pada sistem pengelolaan
-Pada titik inilah subtansi pengawasan sangat esensial
-Memastikan sistem pengelolaan SDA berjalan sesuai regulasi

KEWAJIBAN
-Perusahaan tambang mengeksploitasi SDA untuk mendapatkan keuntungan
-Perusahaan mesti melaksanakan kewajiban sesuai regulasi
-Di sinilah pentingnya pengawasan, agar pelanggaran aturan tidak terjadi
-Terutama kewajiban perusahaan kepada pemerintah pusat, daerah dan masyarakat
-Termasuk kewajibannya setelah melakukan aktivitas pertambangan

APRESIASI KENDARI POS
-Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin apresiasi kinerja Kejati
-Penegakkan hukum di Sultra oleh Kejati sangat dinamis dan diatensi publik
-Gebrakan Kajati mengusut kasus pertambangan mendapat perhatian masyarakat Sultra

DUKUNGAN KENDARI POS
-Kendari Pos akan terus mendukung kinerja Kejati Sultra
-Sebagai media massa, Kendari Pos menyebarluaskan informasi
-Kendari Pos selalu terbuka dan siap bersinergi dengan Kejati Sultra
-Terutama dalam mendorong penegakkan hukum
-Termasuk dalam mendukung pembangunan daerah

DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan