Prof.Zamrun Menjalin Kerja Sama Internasional

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Zamrun (kiri) dan Rektor Haliç University, Prof. Dr. Zafer Utlu (kanan) menunjukkan MoU kerja sama internasional di Istanbul, Turki.
Rektor UHO, Prof. Zamrun (kiri) dan Rektor Haliç University, Prof. Dr. Zafer Utlu (kanan) menunjukkan MoU kerja sama internasional di Istanbul, Turki.

--Meneken MoU dengan Istanbul Gelisim Üniversitesi dan Haliç University Turki

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gaung Universitas Halu Oleo (UHO) tidak hanya di level Sultra dan nasional. Berkat jejaring Rektor Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, UHO kini mendunia. Rektor UHO, Prof. Zamrun menjalin kerja sama level internasional.

Rektor UHO, Prof. Zamrun meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Istanbul Gelisim Üniversitesi dan Haliç University di Istanbul, Turki, Jumat (8/9/2023). Rektor Prof. Zamrun melawat ke negeri Presiden Recep Tayyip Erdogan itu melalui program Leader Excursion and Conference (LEXICON) yang diselenggarakan oleh Edutolia Educations.

"Kerja sama UHO dengan Istanbul Gelisim Üniversitesi dan Haliç University ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa dari kedua institusi," ujar Rektor Prof.Zamrun kepada Kendari Pos, Minggu (17/9), kemarin.

Berbagai poin penting yang akan menjadi fokus pada kerja sama tersebut, yakni pertukaran mahasiswa untuk tujuan belajar. Selain itu, pertukaran tenaga dosen untuk tujuan pengajaran, penelitian bersama, dan publikasi bersama.

Rektor Prof.Zamrun mengatakan, kolaborasi ini dapat memperkuat mutu pendidikan dan juga kompetensi sumberdaya manusia di UHO. "Fokus utama kami ada 4 poin yakni pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, riset bersama dan publikasi," ungkapnya.

Semua kegiatan itu bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan dan penguatan kompetensi tenaga dosen dan mahasiswa masing-masing perguruan tinggi. "Sehingga dapat memberikan pengalaman internasional yang berharga bagi keberlanjutan pendidikan kedepannya,” tutur Rektor Prof.Zamrun.

Selain kerja sama dengan 2 universitas top di Turki, Rektor UHO Prof.Zamrun juga melakukan kesepakatan kerja sama dengan Edutolia Education, sebuah lembaga konsultasi pendidikan resmi di Istanbul Turki yang telah memiliki kerjasama dengan universitas-universitas top di Turki.
"Edutolia nantinya akan menjadi partner UHO dalam menjembatani dan menginisiasi program kolaborasi dengan universitas top di Turki," jelas Rektor Prof.Zamrun.

Rektor UHO 2 periode itu berharap kerja sama itu dapat berjalan lancar dan berkelanjutan, serta memberikan manfaat besar dan kontribusi positif, baik dari sisi riset yang bisa dikolaborasikan bersama, maupun tenaga dosen dan mahasiswa.

Lawatan Rektor Prof.Zamrun ke Turki didampingi Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UHO, Armid, S.Si.,M.Si.,M.Sc.,D.Sc, dan Senat UHO Viska Inda Variani, S.Si.,M.Si. Selain itu, Direktur Pascasarjana UHO Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, M.Si, Kepala Biro Perencanaan dan Penganggaran Keuangan UHO Manshur Taufiq M, S.E., M.Si, serta Kepala Bagian Keuangan UHO Alimin Dima, S.Pd.,M.Si. (rls)

  • Bagikan