Welcome Back Komjen Andap

  • Bagikan
Pj.Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (kanan) dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9), kemarin. (PEMPROV SULTRA)
Pj.Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (kanan) dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9), kemarin. (PEMPROV SULTRA)

--Dilantik Jadi Pj.Gubernur Sultra oleh Mendagri
--Mendagri : Jalankan Amanah Sebaik-baiknya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Mantan Kapolda Sultra, Andap Budhi Revianto yang terakhir berpangkat Komisaris Jenderal Polisi (kini purnawirawan) kembali mengabdi di Sultra. Kali ini menjadi orang nomor 1 di Sultra, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur. Komjen Pol Andap dilantik sebagai Pj.Gubernur Sultra oleh Mendagri Tito Karnavian, Selasa (5/9), kemarin. Sederet prestasi telah diciptakan saat menjadi Kapolda Sultra. Welcome back Komjen Andap.

Pj.Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto. (PEMPROV SULTRA)

Mendagri Tito Karnavian, mengatakan, Pj.Gubernur memiliki otoritas yang sangat besar sebagai pemimpin di provinsi. Karena itu Pj.Gubernur harus berkomitmen dalam menjalankan tugas dengan penuh integritas dan kepedulian terhadap rakyat.

"Kepala daerah memiliki otoritas yang sangat besar. Begitu selesai pelantikan maka segera harus kembali ke daerahnya. Momentum ini adalah momentum yang sangat bersejarah menandakan terjadinya pergantian pemimpin daerah,"kata Menteri Tito, usai melantik 9 Pj.Gubernur di Kantor Kemendagri, Selasa (5/9), kemarin.

Proses penetapan Pj.Gubernur dilakukan secara cermat dan seksama melalui mekanisme sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden.

"Saya mengingatkan kembali, sebagai Pj.Gubernur, segala tindakan yang dilakukan akan berdampak signifikan pada masa depan daerah yang saudara pimpin," pesannya.

Menteri Tito menyampaikan Pj.Gubernur yang dilantik bukanlah pejabat politik dan tidak memiliki beban politik, sehingga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan kepala daerah bupati/wali kota dari partai politk manapun.

Pj.Gubernur harus memiliki kinerja yang lebih baik dari pejabat kepala daerah definitif. Selain itu, selalu berusaha menjadi pemimpin yang adil, transparan, dan bertanggung jawab. "Selamat bertugas. Jalankan amanah dan tanggungjawab ini dengan sebaik-baiknya dan bangun hubungan baik dengan semua pihak," tutur Menteri Tito.

Sejumlah tantangan bakal dihadapi Pj.Gubernur yang baru dilantik. Diantaranya menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. "Pada tahun politik ini, Pj Gubernur harus mengambil posisi netral, tidak pada posisi politik praktis," kata Menteri Tito.

Menteri Tito juga meminta semua pihak di daerah untuk mendukung penjabat gubernur yang telah dilantik. Hal itu penting dalam rangka mendukung tugas Pj.Gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan daerah dan menyukseskan Pemilu 2024.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio mengatakan siap mendampingi Pj.Gubernur Sultra, Komjen (Purn) Andap Budhi Revianto dalam membangun daerah. Menurutnya, kehadiran Pj.Gubernur Sultra adalah harapan baru bagi masyarakat dan daerah.

Sebab, Pj.Gubernur adalah pimpinan daerah dan akan menjadi pengayom, pelindung, pembina dan penggerak semua elemen didaerah. "Kita harus bersatu untuk mendukung Pj.Gubernur melanjutkan pembangunan di Provinsi Sultra," kata Sekda Asrun Lio.

Menurut Sekda Asrun Lio, pengalaman Pj.Gubernur Andap telah teruji dan rekam jejaknya yang cemerlang dalam bidang kepolisian menjadikan pelantikan ini sebuah langkah penting dalam upaya pembangunan Sultra yang lebih baik lagi ke depanya.

Sultra memiliki potensi besar sebagai salah satu provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan budaya. Dengan kepemimpinan yang kuat, provinsi ini memiliki peluang untuk berkembang lebih baik lagi.

"Apalagi, pimpinan kita sebelumnya bapak Ali Mazi dan Lukman Abunawas telah banyak membangun untuk kemajuan Sultra. Kita tentu berharap Pj Gubernur Sultra bisa lebih baik lagi dalam membangun provinsi kita, dengan pengembangan potensi Sultra kearah yang lebih baik," pungkas Sekda Asrun Lio.

Senada, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh mendukung penuh kehadiran Pj.Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. Menurutnya, Komjen Andap adalah sosok yang tepat untuk memimpin Sultra sebelum hadirnya gubernur definitif hasil Pilkada 2024.

"Kita harus salin mendukung sesama anak bangsa. Mari kita sama-sama membangun daerah ini agar menjadi lebih baik kedepannya," kata Abdurrahman Saleh.

Usai dilantik, Pj.Gubernur Sultra, Komjen Andap Budhi Revianto menggelar ramah tamah di ruang kerjanya di gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI. Para pejabat Sultra menghadiri ramah tamah tersebut. (rah/ags/b)

SEKILAS TENTANG KOMJEN ANDAP

Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, S.IK., M.H
Lahir di Jakarta, 23 Juni 1966
Jabatan Sekjen Kemenkumham RI, kini Pj.Gubernur Sultra

Pendidikan :
-Akabri, 1988 B
-PTIK, 2000
-Sespim, 2005
-Sespati
-Lemhanas PPRA 53, 2015

PRESTASI SAAT MENJABAT KAPOLDA SULTRA
-Komjen Andap melahirkan aplikasi Halu Haluo Polda Sultra
-Aplikasi itu inovasi berbasis teknologi dalam pelayanan masyarakat Sultra
-Atas inovasi itu, Komjen Andap dianugerahi Kendari Pos Award 2017 sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat
-Berhasil mengamankan Pilkada Kab/Kota tahun 2017
-Sukses mengantarkan 2 Polres di Sultra meraih predikat terbaik dari ITK Polri :
1.Polres Baubau kategori Polres rawan konflik
2.Polres Wakatobi sebagai Polres perairan terbaik

PRESTASI LAINNYA
-Komjen Andap sukses menurunkan tren gangguan Kamtibmas di tahun 2017
-Kuantitas kasus narkoba menurun
-Berantas dugaan korupsi
-Dugaan korupsi dana bansos dan cetak sawah paling menonjol
-Kasus itu diduga merugikan keuangan negara sekira Rp2,1 miliar
-Mengamankan 34 tersangka ilegal fishing dan bahan peledak (handak)

Riwayat Jabatan
-Kapolres Karawang Polda Jabar, 2006
-Dirreskrim Polda Banten, 2009
-Kabid Propam Polda Metro Jaya, 2010
-Kapolres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya, 2010
-Dirreskrimum Polda Sumut, 2014
-Wadirtipidter Bareskrim Polri, 2015
-Kapolda Sultra, 2016
-Kapolda Maluku, 2018
-Kapolda Kepri, 2018
-Irjen Kemenkumham RI, 2020
-Sekjen Kemenkumham RI, 2021-2023
-Pj.Gubernur Sultra, 2023-2024

Tanda Kehormatan
-Bintang Bhayangkara Pratama
-Bintang Bhayangkara Nararya
-Satyalancana Pengabdian 32 tahun
-Satyalancana Pengabdian 24 tahun
-Satyalancana Pengabdian 16 tahun
-Satyalancana Pengabdian 8 tahun
-Satyalancana Jana Utama
-Satyalancana Ksatria Bhayangkara
-Satyalancana Karya Bhakti
-Satyalancana Bhakti Pendidikan
-Satyalancana Bhakti Buana
-Satyalancana Bhakti Nusa
-Satyalancana Dharma Nusa
-Satyalancana Operasi Kepolisian
-Satyalancana Wira Karya

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan