Upacara HUT Kemerdekaan Sukses

  • Bagikan
Anggota Paskibraka Provinsi Sultra mengibarkan bendera merah putih.
Anggota Paskibraka Provinsi Sultra mengibarkan bendera merah putih.

--Kesbangpol Sultra Apresiasi Paskibraka dan Panitia

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Tenggara (Kesbangpol Sultra) sukses menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, kemarin. Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sultra tampil sempurna, mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih di lapangan upacara Kantor Gubernur Sultra, Kamis (17/8).

Gubernur Sultra, Ali Mazi selaku inspektur dalam upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba mengatakan, pelaksanaan upacara 17 Agustus di Kantor Gubernur Sultra berjalan lancar. Suksesnya kegiatan ini, karena kerja-kerja panitia pelaksana dari Kesbangpol, beberapa SKPD, dan keterpaduan TNI/Polri serta anggota Paskibraka.

"Panitia sudah pusatkan latihan anggota Paskibraka sejak beberapa minggu lalu. Mereka sudah sangat siap dan alhamdulillah hasilnya sangat sukses dan memuaskan. Tak ada kesalahan berarti, selama pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan di Sultra. Kita patut memberikan apresiasi kepada semua tim yang bertugas," ungkap Harmin Ramba usai upacara di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (17/8).

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba

Harmin Ramba menambahkan, sejak awal sudah menekankan kepada pelatih dan anggota Paskibraka, bahwa pengibaran dan penurunan bendera, harus berjalan dengan sukses. Sebab, pahlawan Indonesia mengibarkan bendera dengan taruhan nyawa, yang terbaik diberikan untuk bangsa dan negara.

"Alhamdulillah, mereka telah membuktikan dan memberikan tampilan terbaik dalam pelaksanaan upacara," ujarnya.

Suksesnya pelaksanaan, penaikan dan penurunan bendera merah putih, lanjut dia, karena latihan disiplin, tekun, ikhlas dan tidak terlepas dari peran pelatih dan pamong.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (tengah), Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (kiri), Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba (kanan), foto bersama usai upacara.

"Anggota Paskibraka yang bertugas berjumlah 49 orang. Bertugas pagi (pengibaran bendera) sebanyak 25 orang dan sore (penurunan bendera) sebanyak 25 orang. Jadi, ada satu orang bertugas double pagi dan sore," jelasnya.

Lebih jauh Harmin Ramba menjelaskan, anggota Paskibraka yang telah sukses dalam tugasnya, akan di bawa keluar daerah untuk perjalanan wisata. Ada dua destinasi tujuan, yakni Bali dan Surabaya.

"Termasuk pelatih juga akan dibawa. Ini merupakan agenda rutin, setiap tahun dan sudah terprogram. Untuk pemberangkatan, akan dijadwalkan dalam waktu dekat ini," imbuhnya. (adv/rah)

Gubernur Kukuhkan 49 Anggota Paskibraka Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dua hari sebelum bertugas, 49 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Mereka adalah putra/putri terbaik Sultra utusan dari 17 kabupaten/kota. Mereka bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Gubernur Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi didampingi sejumlah pejabat Pemprov dan pimpinan DPRD saat mengukuhkan Paskibraka Sultra.

Hadir dalam pengukuhan Paskibraka, yakni Forkopimda Sultra, Sekda Sultra, Asisten II Setda Sultra, Asisten III Setda Sultra, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sultra, Wakapolda Sultra, Kajati Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, TNI AU, Wakil Ketua II DPRD Sultra, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov. Sultra, orang tua murid Paskibraka se-Sultra dan pejabat terkait.

Upacara diawali dengan pembacaan ikrar putra Indonesia Paskibraka Sultra oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba, yang diikuti seluruh anggota Paskibraka.

Ikrar tersebut, antara lain menegaskan, Paskibraka juga mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta mengaku berjiwa dan berideologi satu, Pancasila.

Kemudian, anggota Paskibraka mengaku bertujuan mewujudkan masyarakat adil dan makmur, berdasarkan Pancasila dan mengakui kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.

Keseruan anggota Paskibraka Sultra usai dikukuhkan gubernur.

Sebagai generasi penerus bangsa, mereka berjanji akan meneruskan perjuangan besar kemerdekaan Indonesia dengan ridho Tuhan.

“Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku, untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan serta hidayah-Nya,” kata anggota Paskibraka.

Selanjutnya, pemimpin upacara atas nama Sherly putri Andini, mewakili anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Bagimu Negeri dan dilanjutkan dengan, penyematan lencana secara simbolis oleh Gubernur Sultra

“Dengan memohon ridha Allah Yang Maha Kuasa, saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Provinsi tahun 2023, yang akan bertugas di pelataran Kantor Gubernur Sultra, 17 Agustus 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ungkap Gubernur Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya saat upacara Pengukuhan Paskibraka.

Gubernur Ali Mazi memberikan apresiasi kepada Paskibraka yang telah mengikuti pelatihan pengibaran bendera, beberapa waktu lamanya dan diasramakan bersama pelatih.

“Semoga diberikan kekuatan dan kesehatan bagi kita semua, dalam bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas tugas yang amat berat ini,” imbuhnya. (adv/rah)

  • Bagikan