Berjuang untuk Sultra Maju

  • Bagikan

--Semangat Kemerdekaan ke-78 RI Bergema se-Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - 78 tahun silam, 17 Agustus 1945, kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan. Hari bersejarah itu menjadi momentum bagi bangsa Indonesia terbebas dari belenggu kolonialisme. 17 Agustus 2023, seluruh penjuru nusantara memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 RI dalam balutan semangat Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Pada tataran lokal, semangat yang dibangun pada Hari Kemerdekaan ini adalah berjuang untuk Sultra maju.

Kemajuan itu menyangkut aspek pembangunan dan lini kehidupan menuju masyarakat dan daerah Sultra yang sejahtera. Merawat semangat perjuangan menuju Sultra maju dan sejahtera itu sebagai pembuktian komitmen dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih para pejuang dan pahlawan bangsa, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya.

Semangat Hari Kemerdekaan ke-78 RI juga bergema di seantero Sultra. Di Pemprov Sultra, Gubernur Ali Mazi menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kemerdekaan di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (17/8), kemarin. Gubernur Ali Mazi berharap, Indonesia pada usia ke-78 bisa semakin maju dengan dukungan potensi sumber daya alam (SDA) berlimpah dan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa.

"Mari sama-sama kita kokohkan semangat kemerdekaan. Semoga ke depan, Indonesia dan Sultra lebih maju. Seluruh elemen dan masyarakat Sultra harus selalu menjaga kekompakan dan harmonisasi dalam membangun daerah ini," ujar Gubernur Ali Mazi.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menekankan pentingnya menjaga dan mengokohkan persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. "Tanpa persatuan dan kesatuan itu, kita tidak akan mampu melaksanakan seluruh program pembangunan di negara ini, khususnya di Sultra," ujarnya.

Wagub Lukman Abunawas menyebut program pembangunan Pemprov berlandaskan pada 5 pilar Sultra emas yang berorientasi pada Sultra Sehat, Sultra Cerdas, Sultra peduli kemiskinan, Sultra Beriman, Sultra Berbudaya dan Sultra Produktif.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba sukses melatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sultra sehingga tampil sempurna mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih di lapangan upacara kantor Gubernur Sultra, Kamis (17/8), kemarin.

Harmin Ramba mengatakan, suksesnya upacara HUT ke-78 RI di kantor gubernur karena kerja-kerja panitia Kesbangpol, OPD, keterpaduan dari TNI/Polri dan anggota Paskibraka yang tekun berlatih dengan kedisiplinan tinggi. "Kita panitia memusatkan latihan Paskibraka sejak beberapa minggu lalu. Mereka sukses dan memuaskan. Tak ada kesalahan-kesalahan berarti," kata Harmin usai Upacara peringatan hari kemerdekaan RI di kantor gubernur Sultra, Kamis (17/8).

HUT ke-78 RI juga diperingati sivitas akademika Universitas Halu Oleo (UHO). Kemerdekaan tak hanya dimaknai bebas dari penjajahan imperialisme, namun merdeka hingga ruang-ruang akademik melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, berkomitmen menyukseskan program MBKM di universitasnya.

"Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan RI, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia," ujar Rektor UHO, Prof.Zamrun, Kamis (17/8), kemarin.

Di Kota Baubau, semangat Hari Kemerdekaan juga menggaung. Dinas Dikbud Baubau menggelar berbagai lomba antar instansi. Kepala Dinas Dikbud Baubau, MZ Tamsir Tamim, mengatakan, lomba-lomba khas Agustusan itu bertujuan untuk merawat kekompakan seluruh pegawai sebagai satu kesatuan ASN Pemkot Baubau. "Kita senantiasa merawat kekompakan sebagai bagian dari pelayan publik," ujarnya.

Optimalisasi Pembangunan Daerah

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memaknai kemerdekaan yang hakiki adalah kebebasan dari kemiskinan, keterbelakangan, ketidakadilan, dan bebas dari ketergantungan.

“Makna kemerdekaan itu adalah kebebasan. Kemerdekaan di era saat ini, kemerdekaan untuk kesejahteraan, kemerdekaan untuk kemandirian, kemerdekaan untuk kemajuan dan kemerdekaan untuk keadilan. Jadi mana kala kita bebas dari situ, maka saya pikir kita betul-betul sudah merdeka,” ujarnya usai memimpin upacara HUT ke-78 RI.

Momen HUT ke-78 RI juga bergema di Kolaka Utara (Kolut). Pj.Bupati Kolut, Parinringi menggaungkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan semangat persatuan dalam bingkai keberagaman.

"Momentum hari kemerdekaan ini diharapkan dapat lebih memacu kinerja dalam mengimplementasikan program-program yang berorientasi pada peningkatan derajat perekonomian masyarakat," kata Pj.Bupati Parinringi usai upacara peringatan HUT ke-78 RI di Lasusua, Kamis (17/8). kemarin.

Pemkab Kolut mengoptimalkan potensi-potensi SDA dan SDM. Sebab, optimalisasi potensi itu bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kolut secara berkelanjutan.

"Harapan kita, Kolut akan berkembang lebih baik dari sebelumnya. Kami konsisten bekerja keras membangun Kolut agar masyarakat sejahtera. Mari kita sambut investasi dan raih prestasi," ujar Pj.Bupati Parinringi.

Sepekan sebelum 17 Agustus, euforia menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Bombana sudah terasa. Pj.Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan RI adalah momentum untuk seluruh elemen bersatu padu dan berkolaborasi membangun daerah. "Karena Kita Indonesia, Kita Sulawesi Tenggara, Kita Bombana, Kita semua bersaudara," ujarnya.

“Pada momentum HUT ke-78 RI ini, kita harus gaungkan kepada seluruh masyarakat Bombana bahwa kita ini semua bersaudara. Semua pembangunan saat ini dan kedepan di rangkai dengan dasar persaudaraan dan kekeluargaan,” sambung Pj.Bupati Burhanuddin.

Di Konawe Utara, kemeriahan peringatan HUT ke-78 RI disempurnakan Bupati Ruksamin dengan parade bendera merah putih sepanjang 7,8 kilometer mengikuti garis pantai di Kecamatan Lembo hingga Kecamatan Sawa oleh 10 ribu lebih peserta menggunakan kostum tenunan khas Konasara.

Tak hanya itu, Bupati Ruksamin bersama Ikatan Alumni (IKA) UMI Sultra, IKA UMI Makassar dan IKA UMI Konut menggelar bakti sosial berupa pembagian 2.500 kacamata gratis bagi masyarakat Konut. "Ini wujud komitmen kami membantu meringankan beban masyarakat Konut, khususnya yang mengalami gangguan mata," kata Bupati Ruksamin, kemarin.

Peringatan HUT ke-78 RI di Konawe dipusatkan di lapangan perkantoran. Upacara dipimpin Sekda Konawe, Ferdinand Sapan. Ia mengatakan, kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka namun menjadi ajang untuk membangun bangsa dengan mengaktualisasikan semangat proklamasi. Ia mengingatkan, kemerdekaan bukan menjadi tanda untuk berhenti berjuang. Melainkan, tanda bagi generasi penerus untuk lebih berjuang lebih keras.

"Dulu musuh kita itu jelas dan nyata terlihat, yaitu para penjajah. Namun saat ini, musuh kita ada dalam diri kita semua. Rasa malas, rasa bangga diri, serta potensi perpecahan pada masyarakat kita sendiri. Itu yang patut kita waspadai," ujar Sekda Ferdinand Sapan.

Di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Bupati Surunuddin Dangga memimpin upacara HUT ke-78 RI. Ia memaknai Hari Kemerdekaan RI ini sebagai cambuk semangat. Mendorong laju kinerja Pemkab Konsel untuk menghadirkan pembangunan yang optimal, mulai insfrastruktur hingga membangun kualitas SDM.

"Sejak memimpin Konsel, saya optimis daerah kita akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Mulai dari pengentasan kemiskinan, tersedianya infrastruktur jalan dan jembatan, mendorong pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan dan pendidikan yang baik, mendorong desa sesuai potensi masing-masing baik pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan program-program pembangunan lainnya," ungkap Bupati Surunuddin.

Terpisah, Pj.Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri memaknai HUT ke-78 Kemerdekaan RI sebagai momentum mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sekaligus momentum menggelorakan semangat juang dalam pembangunan menuju Mubar Wite "Barakati" (berahlak, religius, beradat, kekeluargaan dan inovatif). Wite Barakati artinya tanah yang berkah.

"Hari ini (kemarin, red) kita upacara HUT ke-78 RI untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang sehingga kemerdekaan terwujud. Sebagai pemerintah, tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan positif untuk memberikan pelayanan terbaik serta menciptakan kesejahteraan masyarakat menuju Mubar Wite Barakati," kata Pj.Bupati, Bahri, Kamis (17/8), kemarin. (rah/win/ags/mal/mel/lyn/idh/min/adi/ndi/ahi/b)

INDONESIA MAJU, SULTRA MAJU

GEMA HUT KE-78 RI
-78 tahun silam, 17 Agustus 1945, kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan
-Hari bersejarah itu menjadi momentum terbebas dari belenggu kolonialisme.
-17 Agustus 2023, seluruh penjuru nusantara memeringati Hari Kemerdekaan ke-78 RI
-HUT ke-78 RI itu digelar dalam balutan semangat Terus Melaju untuk Indonesia Maju
-Pada tataran lokal, semangat pada HUT ke-78 RI ini adalah berjuang untuk Sultra maju

MENGISI KEMERDEKAAN
-Kemajuan itu menyangkut pembangunan menuju masyarakat dan daerah Sultra yang sejahtera
-Perjuangan menuju Sultra maju dan sejahtera sebagai pembuktian komitmen dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih para pejuang dan pahlawan bangsa

KAMPUS MERDEKA
-HUT ke-78 RI diperingati sivitas akademika Universitas Halu Oleo (UHO)
-Kemerdekaan dimaknai hingga ruang-ruang akademik melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
-Rektor UHO, Prof. Zamrun berkomitmen menyukseskan program MBKM
-Merdeka Belajar digerakkan seluruh masyarakat dengan semangat gotong royong
-Berkolaborasi menghadirkan transformasi dalam perjalanan dunia pendidikan

MENEBAR SEMANGAT MEMBANGUN
1.PEMPROV
-Semangat HUT ke-78 RI bergema di seantero Sultra
-Di Pemprov Sultra, Gubernur Ali Mazi memimpin upacara bendera
-Gubernur berharap, Indonesia bisa semakin maju dengan dukungan SDA dan SDM
-Ia meminta masyarakat Sultra menjaga harmonisasi dalam membangun daerah
-Wagub Lukman Abunawas menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan
-Agar pembangunan bangsa dan Sultra sukses terlaksana
-5 pilar Sultra Emas dalam program pembangunan Pemprov Sultra

2.KOTA KENDARI
-Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memaknai kemerdekaan adalah bebas dari kemiskinan, keterbelakangan, ketidakadilan dan bebas dari ketergantungan
-Makna kemerdekaan itu adalah untuk kesejahteraan, dan kemandirian
-Termasuk kemerdekaan untuk kemajuan dan untuk keadilan

3.KOLUT
-Pj.Bupati Kolut, Parinringi menggaungkan semangat kebangsaan
-Selain itu cinta tanah air, dan semangat persatuan dalam bingkai keberagaman
-HUT RI diharapkan lebih memacu kinerja implementasi program kerja
-Terutama program yang berorientasi pada peningkatan ekonomi masyarakat
-Pemkab Kolut mengoptimalkan potensi SDA dan SDM
-Pj.Bupati Parinringi konsisten membangun Kolut agar masyarakat sejahtera

4.BOMBANA
-Bagi Pj.Bupati Bombana, HUT ke-78 RI momentum bersatu membangun daerah
-Karena "Kita Indonesia, Kita Sultra, Kita Bombana, Kita Bersaudara"
-Pembangunan saat ini dan kedepan dalam bingkai persaudaraan dan kekeluargaan

5.KONUT
-Peringatan HUT ke-78 RI di Konut disempurnakan Bupati Ruksamin
-Beragam kegiatan digelar, mulai parade bendera merah putih hingga bakti sosial
-Parade bendera sepanjang 7,8 kilometer melintasi Kec.Lembo dan Kec.Sawa
-Bakti sosial berupa pembagian 2.500 kacamata gratis bagi masyarakat

6.KONAWE
-Bagi Sekda Konawe, Ferdinand, Hari Kemerdekaan bukan sekadar ritual
-Namun menjadi ajang untuk membangun bangsa
-Hari Kerdekaan bukan menjadi tanda untuk berhenti berjuang
-Melainkan, tanda bagi generasi penerus untuk lebih berjuang lebih keras.
-Musuh saat ini adalah rasa malas, bangga diri, dan potensi perpecahan

7.KONSEL
-Bupati Konsel Surunuddin memaknai Hari Kemerdekaan RI sebagai cambuk semangat
-Mendorong laju kinerja Pemkab Konsel untuk menghadirkan pembangunan
-Baik pembangunan insfrastruktur hingga membangun kualitas SDM
-Ia optimis Konsel terus berkembang dari tahun ke tahun

8.MUNA BARAT
-Pj.Bupati Muna Barat, Bahri memaknai HUT ke-78 RI sebagai momentum mengenang jasa para pahlawan
-Sekaligus menggelorakan semangat juang dalam pembangunan
-Terutama pembangunan menuju Mubar Wite "Barakati" (berahlak, religius, beradat, kekeluargaan dan inovatif)
-Wite Barakati artinya tanah yang berkah

DATA DIOLAH KENDARI POS
DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan