70 Calon Paskibra Mulai Dilatih

  • Bagikan
GEMBLENG : Bupati Wakatobi, H. Haliana (kelima dari kiri, belakang) bersama 70 Paskibra usai menyematkan tanda dimulainya pelatihan, kemarin. (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)
GEMBLENG : Bupati Wakatobi, H. Haliana (kelima dari kiri, belakang) bersama 70 Paskibra usai menyematkan tanda dimulainya pelatihan, kemarin. (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam persiapan memeringati hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi menggelar upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan calon pasukan pengibar bendera (Paskibra).

Bupati Wakatobi, H. Haliana, hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus menyematkan tanda peserta kepada 70 Paskibra delegasi berbagai SMA. Haliana mengatakan, proses seleksi itu sangat luar biasa, mulai dari proses pendaftaran hingga pada tahap akhir tersebut.

“Adik-adik yang sudah terpilih bisa melakukan tugasnya dengan baik. Menjadi anggota Paskibra merupakan pengalaman yang luar biasa. Karena mulai hari ini hingga 14 hari ke depan, adik-adik akan digembleng, dididik dan menanamkan jiwa disiplin, serta tanggung jawab, jiwa yang jujur juga integritas yang tinggi untuk dapat menghayati jiwa-jiwa patriotisme,” ujar Haliana, Senin (31/7).

Dalam kesempatan ini, Bupati Wakatobi mengapresiasi para pelatih, karena berkat didikan mereka, akan lahir anggota Paskibra yang baik. Ia berharap, peserta terpilih tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Wakatobi, Adam Bahtiar, mengatakan pembentukan Paskibra dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2023. Mulai dari rekrutmen dan seleksi secara online dengan jumlah peserta 137 orang, terdiri dari 74 putra dan 63 putri.

“Setelah dilaksanakan tujuh tahapan seleksi, maka sesuai perangkingan serta kebutuhan, maka sebanyak 70 orang terpilih. Terdiri dari 37 putra dan 33 putri,” rincinya. (b/thy)

  • Bagikan