Pemkot Cari Solusi Penyebab Banjir di Lepo-lepo

  • Bagikan
Banjir di kawasan Jalan DI Panjaitan (Lepo-lepo), baru-baru ini. Kawasan tersebut rawan banjir setiap turun hujan lebat, karena masalah elevasi saluran dan sedimentasi. Pemkot berjanji segera mencari solusinya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus mengupayakan, penanganan masalah banjir di Kawasan Lepo-lepo. Salah satunya, melalui pembangunan saluran (drainase) disepanjang Jalan DI Panjaitan Lepo-lepo. Kendati demikian, pembangunan drainase saat ini terkendala pembebasan lahan.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari, Sri Kusumayanti mengungkapkan, pembebasan lahan masih menjadi masalah penanganan banjir di Lepo-lepo. Pasalnya, pihaknya tidak bisa melaksanakan pembangunan (normalisasi) drainase, lantaran masyarakat sekitar, terutama yang berada pada sisi kanan Jalan DI Panjaitan, belum mau membebaskan lahannya. “Kami berusaha membangun saluran yang sebelah kanan. Hanya saja kita terkendala pembebasan lahan. Pada 2020, kami sudah berusaha menangani disitu, tapi status tanahnya belum jelas. Ada yang sudah dibebaskan, itu yang kita kerjakan. Sementara yang belum, kami ragu untuk mengerjakan,” ungkap Sri Kusumayanti, kemarin.

Sri memastikan, jika jalur sebelah kanan Jalan DI Panjaitan sepenuhnya sudah dibebaskan, segera dilakukan normalisasi. Terutama menambah elevasi drainase, sehingga bisa memperlancar aliran air ketika musim penghujan. Dia tak menampik, jika penyebab banjir di Kawasan Lepo-lepo, selain disebabkan elevasi saluran, juga plat yang dibangun masyarakat diatas drainase. Termasuk aliran sedimen yang berasal dari aktivitas pembangunan beberapa perumahan di hulu.

“Kendalanya plat ruko, kemudian sedimen dari Puuwatu. Plat ruko warga dibangun diatas saluran, menghambat aliran air. Kondisi itu diperparah dengan sedimentasi. Nah, saat sedimentasi ini mengendap pada drainase yang elevasi-nya rendah, maka otomatis airnya meluap ke jalan. Inilah yang menyebabkan banjir. Tapi akan segera kita atasi,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan