Wujudkan SDM Unggul, Pendidikan Biologi UHO Bangun Kemitraan

  • Bagikan
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHO tengah melakukan adaptasi teknologi di sekolah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kualitas sumber daya manusia (SDM) Jurusan Pendidikan Biologi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggandeng beberapa instansi terkait sebagai upaya peningkatan mutu SDM, utamanya mahasiswa.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa pembangunan SDM mahasiswa khususnya di Pendidikan Biologi harus terus digenjot. Hal ini terkait dengan kebutuhan pasar kerja dan hasil optimal dalam rangka mencapai tujuan pembangunan daerah. “Dalam kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) mahasiswa dituntut tidak hanya belajar di kelas, tetapi mahasiswa harus melibatkan instansi terkait guna menunjang kompetensi untuk mewujudkan SDM yang unggul,” ujarnya.

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHO tengah melakukan adaptasi teknologi di sekolah

Lili Darlian, menjelaskan bahwa dengan adanya kebijakan program MBKM, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar bukan hanya di internal Prodi. Tetapi juga di luar Prodi baik berada dalam satu PT maupun dill luar PT. “Kegiatan MBKM melibatkan stakeholder misalnya untuk kegiatan program Kampus Mengajar,” jelasnya. Ia juga menyebut, bahwa adanya kerja sama antara instansi merupakan salah satu dari penerapan MBKM, dimana dalam kurikulum tersebut mahasiswa dituntut harus mengambil perkuliahan di luar fakultas bahkan universitas lain. “Program MBKM sangat mendukung kemajuan pendidikan tinggi. Tidak hanya kemajuan pendidikan, namun mahasiswa yang dihasilkan juga lebih berkualitas,” ucapnya.

Selain mahasiswa, lanjut Lili Darlian, peningkatan SDM tenaga pengajar pun sangat penting. “Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu adalah melaksanakan siklus penjaminan mutu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP). Untuk peningkatan SDM, selaku Ketua jurusan saya memotivasi teman-teman dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang S3 (Doktor) dan ke jenjang akademik hingga menjadi Profesor,” bebernya.

Ia memastikan bahwa pihaknya akan terus melakukan upayaupaya agar Pendidikan Biologi FKIP UHO mengeluarkan alumnialumni yang berkompeten di bidangnya. “Mengingat kurikulum merdeka belajar ini dapat menciptakan lulusan yang berkompeten, terampil, kreatif, komunikatif, dan memiliki empati kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan