Dinas Perpustakaan Sosialisasi Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tengah), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kiri), dan Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Arniaty DK (2 dari kanan) usai diskusi di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (20/6), kemarin.

Mencari Kandidat Penerima Penghargaan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) menilai media massa merupakan salah satu lembaga yang mendorong meningkatnya literasi di tengah masyarakat. Begitu pula koran harian Kendari Pos. Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Minat Baca, Arniaty DK mengungkapkan, Perpustakaan Nasional RI sedang mencari kandidat penerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka tahun 2023 dari kategori media massa.

Arniaty menilai Kendari Pos melalui produk pemberitaannya berkontribusi pada peningkatan literasi atau pembudayaan minat baca. "Kami sedang mencari media massa yang memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan. Saat ini, belum ada jurnalis dan media yang mendaftar dari Kota Kendari. Kami baru saja mengusulkan ini, dan kami berharap Kendari Pos dapat memenuhi kriteria yang ada," ujar Arniaty kepada Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (20/6), kemarin.

Tak hanya kategori media massa, Perpustakaan Nasional juga sedang mencari kandidat penerima penghargaan dari kategori pegiat literasi, pejabat publik, masyarakat, jurnalis dan kategori pencapaian seumur hidup (lifetime achievement). "Penerima dari setiap kategori akan dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan," ucap Arniaty.

Arniaty menjelaskan, penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI merupakan bentuk apresiasi kepada berbagai elemen masyarakat yang secara aktif terlibat dalam memanfaatkan perpustakaan dan mempromosikan kegemaran membaca di masyarakat. "Literasi bukanlah hal baru bagi redaksi Kendari Pos, terutama bagi jurnalis dan editornya (redaktur). Termasuk rekan media massa lainnya di Sultra," tutur Arniaty.

Menurut Arniaty, jurnalis dan media massa harus memiliki kemampuan literasi yang baik dalam semua aspek. "Kami ingin melihat media massa mendukung pengembangan perpustakaan melalui tulisan dan publikasinya. Peran media sangat penting, karena jika literasi tidak disertai dengan informasi yang valid, ini juga akan menjadi ancaman bagi mereka yang aktif di media sosial dan para penggiat literasi lainnya," jelasnya.

Ia berharap bahwa selain melalui penghargaan ini, ke depannya akan ada kerja sama lain antara Kendari Pos dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari. "Mungkin kedepannya akan ada program-program lanjutan yang dilakukan bersama Kendari Pos," imbuh Arniaty.

Anugerah penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka akan dilaksanakan pada September 2023 sebagai bagian dari rangkaian acara Gemilang Perpustakaan Nasional.
"Data dan dokumen lengkap calon penerima penghargaan harus diterima sebelum 30 Juni 2023 melalui pengisian formulir pendaftaran dan pengiriman buku atau karya lain sebagai data dukungan fisik (jika ada) ke Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI," jelas Arniaty.

Ia menjelaskan pengisian data calon penerima penghargaan melalui link atau tautan berbeda sesuai kategorinya. Untuk kategori pegiat literasi melalui tautan https://bit.ly/NJDP2023pegiatliterasi. Sedangkan untuk kategori pejabat publik, tautannya adalah https://bit.ly/NJDP2023pejabatpublik. Untuk kategori masyarakat, tautannya adalah https://bit.ly/NJDP2023masyarakat.

Selanjutnya, kategori jurnalis dapat mengisi tautan https://bit.ly/NJDP2023jurnalis, kategori media massa di https://bit.ly/NJDP2023mediamassa, dan kategori pencapaian seumur hidup di https://bit.ly/NJDP2023lifetimeachievement. "Penerima dari setiap kategori akan dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan," tutup Arniaty.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin, mengapresiasi panggung anugerah
penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang digelar Perpustakaan Nasional. "Sebagai media massa rujukan di Sultra, kami selalu menyajikan informasi yang terkini dan aktual setiap harinya," ujarnya.

Menyangkut peluang meraih penghargaan dari kategori jurnalis maupun media massa,
Direktur Irwan Zainuddin masih akan mempelajari secara detail kriteria yang ada untuk setiap kategori. "Jika memungkinkan, kami akan ambil bagian dan memenuhi syarat yang diajukan," ungkapnya.

Direktur Irwan Zainuddin menyambut baik kehadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Kendari di Kendari Pos. "Kami dengan senang hati menjalin kemitraan. Karena pada era perubahan zaman seperti sekarang ini, semua orang harus terus berinovasi, bukan hanya dalam peliputan berita, tetapi juga dalam memperluas kemitraan," tutupnya. (rah/b)

Mencari Kandidat Penerima Penghargaan

  • Bagikan