Asmawa Menjalin Kemitraan dengan Perguruan Tinggi

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (3 dari kiri) bersama perwakilan ISTEK Aisyiyah Kendari memperlihatkan nota kesepahaman yang telah disepakati terkait dukungan pengembangan perguruan tinggi, Rabu (14/6), kemarin.


Saling Mendukung dalam Realisasi Misi Antarlembaga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam membangun Kota Kendari, pemerintah tak hanya membutuhkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari juga membutuhkan kontribusi dari perguruan tinggi. Pada sisi lain, perguruan tinggi mesti mendapat dukungan Pemkot dalam rangka pengembangan kelembagaan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menjalin kemitraan dengan beberapa Perguruan Tinggi. Salah satunya bermitra dengan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan (ISTEK) Aisyiyah Kendari. Kerja sama itu dibangun untuk saling mendukung dalam realisasi misi antarlembaga. Akademisi Istek dapat dilibatkan dalam penelitian atau perencanaan pembangunan Kota Kendari.

Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, kerja sama sangat penting dijalin dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi.
Di sisi lain, kerja sama yang terjalin juga penting dalam rangka mendukung pemerintahan melalui pengamalan tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Perguruan tinggi sangat mendukung jalannya pemerintahan. Mudah-mudahan melalui kerja sama ini perguruan tinggi bisa turut andil dalam mendukung pembangunan daerah,” ujar Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, usai menyampaikan materi kuliah umum yang digelar Istek Aisyiyah Kendari, Rabu (14/6), kemarin.

Selain itu, Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri RI ini meminta perguruan tinggi agar memanfaatkan risetnya untuk mendukung berbagai sektor penggerak daerah.
“Misalnya perguruan tinggi bisa meneliti tentang pengaruh sampah terhadap kebersihan dan kesehatan warga masyarakat Kota Kendari, ini akan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kota Kendari karena ada korelasi yang signifikan antara kesadaran warga mulai dari sisi kesehatan dan keindahan kota,” kata Pj.Wali Kota, Asmawa.

Pada kuliah umum, Pj.Wali Kota, Asmawa berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait tujuan berbangsa dan bernegara. Ia menjelaskan tujuan bernegara yakni untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. “Tujuan bernegara ini diimplementasikan sebagai landasan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Di sisi lain, pihaknya sebagai penyelenggara negara berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Kendari tanpa terkecuali. “Pemerintah akan senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan keadilan. Selanjutnya melaksanakan pembangunan yang mampu menghadirkan kesejahteraan, melakukan pemberdayaan yang berujung pada kemandirian dan melahirkan ketertiban,” ungkap Pj.Wali Kota, Asmawa.

Pada kesempatan yang sama, Rektor ISTEK Aisyiyah Kendari, Prof.Dr.Hj.Mashuni, S.Si.,M.Si Mashuni menyambut baik kerja sama yang terjalin dengan Pemkot. Menurutnya, kerja sama yang terjalin bisa membantu pengembangan perguruan tinggi sehingga bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi ditanah air.

“Kami sangat mengapresiasi Pj.Wali Kota Kendari karena sudah bersedia untuk memberikan kuliah termasuk menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi. Melalui kerja sama ini, kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan negara,” ujar Rektor Prof.Dr.Hj.Mashuni. (ags/b)

  • Bagikan