Proyek Patung Oputa Yii Koo Dilelang

  • Bagikan
PATUNG OPUTA YI KOO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan proyek Monumen Patung Oputa Yi Koo di Kotamara, Kota Baubau tahun 2023 terus digenjot. Pengerjaan patung dan pelataran proyek itu sudah masuk tahap lelang dan diproyeksi pembangunan rampung tahun ini.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Martin Effendi Patulak. “Sekarang sementara jalan proses lelang. Yang dilelang ini untuk pembangunan patung dan pelatarannya. Sehingga tahun ini patungnya harus sudah berdiri,” kata Effendi, Jumat (9/6).

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp36 miliar dan dipastikan semua pekerjaan selesai pada tahun ini. “Tahun ini pekerjaan konstruksi, finishing dan patung sudah harus selesai,” jelas Effendi.

Dia menambahkan, untuk fokus pengerjaan tahun ini yakni bangunan bagian atas sebab tiang pancang dan kolom telah selesai dikerjakan. “Plat lantai juga sudah selesai, tinggal struktur patung dengan finishing yakni pagar keliling. Patungnya setinggi 23 meter yang terbuat dari tembaga,” ungkapnya.

Katanya, bila ini tuntas dibangun maka akan menjadi wisata edukasi baru di kota Baubau. (rah/c)

  • Bagikan