Dorong Peningkatan Pelayanan Adminduk

  • Bagikan
Suasana Forum Konsultasi Publik terkait pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang digelar Dinas Dukcapil Konsel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Masyarakat di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) didorong untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan pentingnya tertib administrasi kependudukan serta pencatatan sipil. Pasalnya administrasi kependudukan memiliki peran strategis, memberikan kejelasan identitas dan status bagi penduduk. Termasuk bermanfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.
Kepala Dinas Dukcapil Konsel, Muh. Yusuf melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dukcapil, Isra Jalil, mengungkapkan, pihaknya tak henti-henti menyosialisasikan ke masyarakat terkait pentingnya dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

"Karena untuk pengurusan kesehatan, bantuan sosial dan lain-lain membutuhkan Adminduk," ungkap Isra, Jumat (19/5). Lebih lanjut diketahui, OPD tersebut terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Terbaru digelar forum konsultasi publik (FKP) pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
"Kita mendorong pelayanan publik pengurusan Adminduk terus meningkat. Olehnya itu setiap tahun Dinas Dukcapil Konsel melaksanakan forum konsultasi. Baru-baru ini kita melakukan ditiga kecamatan, yakni Tinanggea, Moramo dan Kolono Timur," ujarnya.

Isra mengaku, forum tersebut untuk mengevaluasi hasil pelayanan kegiatan Dukcapil dalam peningkatan pelayanan publik. "Nantinya, pelayanan membahagiakan masyarakat dapat terlaksana, dikaitkan dengan program bapak Bupati Konsel," sambungnya. Bukan hanya sosialisasi, lanjut Isra, Dukcapil juga masif melakukan perekaman KTP elektronik ke sekolah-sekolah. Upaya itu juga mendukung suksesnya Pemilu 2024 dan pelayanan akta Capil ke masyarakat.

"Jadi bukan saja sosialisasinya yang gencar. Kami sekaligus melakukan aksi perekaman pada masyarakat di setiap kecamatan. Utamanya pada mereka yang telah masuk usia wajib KTP," pungkasnya. (c/ndi)

  • Bagikan