CJH Berangkat 11 Juni

  • Bagikan
H. Mansur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dimulai pada Juni mendatang. 2.019 orang total jemaah akan berangkat dari Bandara berbeda ke Arab Saudi melalui Embarkasih Makassar. Untuk CJH asal Baubau misalnya, akan terbang via Bandara Betoambari ke Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, H. Mansur, mengatakan, calon tamu-tamu Allah itu rencananya diberangkatkan ke tanah suci pada 11 Juni mendatang. Saat ini panitia dan jemaah terus mengoptimalkan kesiapan prosesi pelaksanaan rukun Islam kelima itu.

"Sementara manasik, ada juga yang proses pelunanasan. Intinya semua kesiapan tengah dioptimalkan," kata mantan Kepala Kemenag Buton itu, Jumat (19/5). Mansur merinci, tahun ini Kota Baubau mendapat jatah kuota sebanyak 172 orang. Jumlah jemaah cadangan, 23 orang. "Sampai Kamis kemarin, 150 orang sudah melunasi biaya haji. Jumlah tidak melunasi 26 orang, itu alasannya tunda ada 18 orang, wafat satu orang, karena mahram satu orang, ghaib dua orang dan karena tidak ada biaya empat orang," urainya.

Untuk mengisi kuota yang tak terisi itu, jamaah cadangan juga sudah bersiap. Bahkan 20 orang diantaranya sudah melakukan pelunasan. Serangkaian pemeriksaan kesehatan sudah dijalani jemaah haji sejak awal Mei. Dinas Kesehatan Kota Baubau terlibat langsung dalam memersiapkan kesehatan jemaah itu. "Nanti dilepas oleh wali kota sebelum keberangkatan," pungkas Mansur. (c/mel/lyn)

  • Bagikan