Waspada Cuaca Ekstrem, Gelombang Capai 4 Meter

  • Bagikan
Awan mendung menyelimuti langit Sultra khususnya Kota Kendari, Jumat (3/3). Stasiun Meteorologi Wilayah Maritim Kendari mengimbau masyarakat, terutama yang akan melakukan pelayaran lebih waspada. Sebab, hingga tiga hari ke depan, cuaca kurang bersahabat dan berpotensi menimbulkan tinggi gelombang hingga 4 meter. Tampak sejumlah kapal sedang bersandar di Teluk Kendari.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Intensitas hujan disertai angin kencang dan petir masih melanda wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Masyarakat yang bepergian lewat darat, laut maupun udara diminta waspada. Kepala Stasiun Meteorologi Wilayah Maritim Kendari, Sugeng Widarko menjelaskan, cuaca ekstrem, hujan yang disertai angin kencang diperkirakan masih akan terjadi sampai tiga hari ke depan. “Melihat situasi ini, kami imbau masyarakat Sultra tetap waspada,” ungkap Sugeng, kemarin.

Lanjut dia, kondisi cuaca ekstrem Sinoptik, umumnya angin bertiup dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 Skala Beaufort. Hal ini juga berdampak terjadinya gelombang tinggi di perairan laut. Berdasarkan prakiraan cuaca wilayah pelayanan, mulai 3 sampai 4 Maret 2023, gelombang dengan kategori tinggi (2.5 - 4.0 meter) diprakirakan terjadi di Perairan Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara. “Gelombang tinggi di perairan Laut Banda Timur Sultra mencapai 4 meter,” ujarnya.

Olehnya itu, dirinya berharap khususnya masyarakat yang hendak melakukan penyeberangan dan pelayaran di perairan laut Banda timur Sultra, baiknya ditunda dulu. “Termasuk masyarakat yang tinggal di pesisir Laut Banda Timur Sultra, agar tetap waspada,” imbuhnya. (b/kam)

  • Bagikan