OPD Pemkab Konkep Diminta Percepat Serap Anggaran

  • Bagikan
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualauan (Konkep) mendorong agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep, Mahmud, meminta OPD agar melakukan langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran tahun 2023. Tidak ada alasan , kata dia, bagi OPD untuk tidak melakukan percepatan serapan anggaran. Apalagi segala persiapan telah dilakukan. “Mulai dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah diserahkan, hingga kesiapan anggaran di triwulan pertama tahun 2023. Dana Alokasi Umum (DAU) maupun yang lainnya telah siap,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos.

Dia menjelaskan, untuk mendorong percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dalam APBD 2023, pihaknya menggelar pelatihan penginputan SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan). “Kita belajar dari pengalaman tahun lalu, salah satu kendala percepatan serapan anggaran karena keterlambatan penginputan SIRUP. Kala itu penginputan SIRUP itu bulan April, Insya Allah tahun ini kita upayakan dipercepat,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Konkep Ir. Amrullah usai menerima DIPA tahun 2023, mengintruksikan kepada seluruh OPD segera melakukan berbagai persiapan demi percepatan penyerapan anggaran tahun 2023. “Kita harapkan agar seluruh OPD secepatnya mepersiapkan desain dan dokumen lelang untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa. Hal ini untuk mempercepat penyerapan anggaran dan diharapkan juga bisa membantu untuk mengatasi kemampuan belanja masyarakat dengan percepatan beredarnya dana yang bersumber dari APBD,” pungkasnya. (jib/b)

  • Bagikan