Dinas Perpustakaan Konawe Utara TerimaBantuan Mobil Perpustakaan Keliling

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Jelang akhir tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Konawe Utara (Konut) mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Mobil tersebut merupakan hasil lobi yang dilakukan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Konut, Sairham beberapa bulan lalu. Mobil itu guna membantu pengembangan operasional perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat, terutama pelajar di Tanah Oheo.

Sairham menjelaskan, mobil tersebut kini telah ada di Konut, pasca serah terima di kantor Perpustakaan Nasional satu bulan lalu. "Mobil perpustakaan yang datang melalui jalur laut hingga sampai di Konawe Utara. Unitnya sudah kami terima," ungkap Sairham.

BANTUAN: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, Sairham (kiri) saat menerima unit MPK dari Kantor Perpusnas RI. FOTO: Helmin Tosuki/Kendari Pos

Mantan Sekretaris DPRD Konut menambahkan, mobil jenis Hilux 4x4 telah dilengkapi beragam koleksi buku. Ada ratusan judul buku, beserta perlengkapan multimedia.

Sairham mengaku, keberadaan MPK akan semakin memudahkan dalam melakukan literasi kepada masyarakat. Terutama kepada pelajar dan mahasiswa. "Pelayanan literasi bisa dilakukan dengan mendatangi pelaku UMKM. Misalnya sambil mereka lakukan aktivitas berjualan, mereka bisa membaca di situ. Terutama anak sekolah," jelasnya.

Langkah inovasi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, dengan menghadirkan mobil perpustakaan keliling merupakan bagian dari upaya pemerintah mencerdaskan generasi muda dan masyarakat umum. "Mobil perpustakaan ini sudah mulai kami fungsikan dalam mendorong minat baca warga Konut," pungkasnya. (min/b)

  • Bagikan