Abdul Azis Peduli Kesejahteraan Petani: Serahkan Bantuan 140 Alsintan Kepada Kelompok Tani

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis peduli peningkatan kesejahteraan petani di otoritanya. Salah satu bentuk perhatian itu, kemarin (28/12), Abdul Azis menyerahkan bantuan 140 alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani. Seremoni penyerahan secara simbolis kepada perwakilan kelompok petani.

Abdul Azis mengatakan, penyaluran alat mesin pertanian, sebagai wujud perhatian pemerintah. Supaya meningkatkan hasil pertanian petani. Kalau ini terwujud, maka bisa menopang kesejahteraan petani.

"Bantuan Alsintan diberikan untuk meningkatkan hasil pertanian. Kita juga sudah berikan alat pemotong padi supaya hasil produksi jauh lebih baik. Beras yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas. Saya terus berupaya untuk modernisasi pertanian," kata Abdul Azis, Rabu, (28/12).

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba merinci, sebanyak 140 unit Alsintan sudah disalurkan. Rinciannya: dua unit Combine Harvester, 50 unit TR2, 65 unit Cultivator, 10 unit TR2 ROTARY, 7 unit Power Tresher, dan 6 unit TR4.

BANTUAN: Plt. Bupati Koltim, Abdul Azis (dua dari kiri) menyerahkan bantuan Alsintan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani, kemarin. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab kepada petani. FOTO: Kusdin/Kendari Pos

Lasky mengaku, anggaran yang digunakan untuk pengadaan Alsintan tersebut, bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) Rp 5.691.565.000 miliar, APBD Rp 367.462.500 juta.

"Saya berharap, Alsintan yang diberikan ke petani melalui kelompok tani dimanfaatkan sebaik-baiknya. Serta digunakan bersama dengan anggota kelompok tani lain. Jangan dikuasai satu orang saja," pesannya.

Sebab, lanjut dia, tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan Alsintan ini, adalah supaya petani di Koltim meningkat hasil produksinya. Sehingga bisa berdampak pada kesejahteraannya. "Itu yang kita harapkan," imbuhnya. (kus/b)

  • Bagikan