Membangun Spirit di Momentum HUT ke-51 Korpri

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu memimpin upacara peringatan HUT ke-51 Korpri di Gedung Balai Kota Kendari, Selasa (29/11), kemarin.

Profesional, Jaga Moralitas dan Integritas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) memasuki usia 51 tahun. Korpri melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri menjadi jargon HUT. Beragam spirit yang dilahirkan dalam HUT Korpri kali ini. Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengingatkan Apratur Sipil Negara (ASN) harus bersikap profesional. Di tempat berbeda, Asisten III Pemprov Sultra Sukanto Toding meminta ASN Pemprov menjaga moralitas dan meningkatkan integritas.

Pesan Pj.Wali Kota Kendari Asmawa dan Asisten III Pemprov Sultra Sukanto diungkapkan saat memimpin upacara peringatan HUT ke-51 Korpri, Selasa (29/11), kemarin.

Pj.Wali Kota Asmawa meminta seluruh ASN Pemkot Kendari untuk meningkatkan semangat profesionalitas menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai aparatur dalam melayani masyarakat.

"Seluruh anggota Korpri harus dapat meningkatkan kontribusi dan upayanya untuk memajukan masyarakat, terutama di tengah situasi seperti ini (pandemi Covid-19)," ujar Pj.Wali Kota Asmawa saat memimpin upacara HUT Korpri di Gedung Balai Kota, kemarin.

Saat ini seluruh insan Korpri berada di dunia yang sangat cepat jika dibandingkan 20, 30 atau 40 tahun yang lalu. Saat ini, utamanya pada revolusi industri 4.0 telah mendisrupsi seluruh lini kehidupan. Bukan hanya pada aspek dan cara berkomunikasi, tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.

Dalam menghadapi persaingan itu, kata Asmawa, anggota korpri harus menghadapinya dengan cara atau terobosan baru. "Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kuncinya. Cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif, tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan pengelolaan pemerintahan sebelumnya," kata Pj.Wali Kota Asmawa.

Kepala Biro Umum Kemendagri itu mengajak seluruh anggota Korpri di Kota Kendari untuk mengambil jalan perubahan secara berkelanjutan. Pada kesempatan itu, Pj.Wali Kota Asmawa menyampaikan apresiasi kepada anggota Korpri yang telah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi untuk memastikan jalannya pemerintah kota berjalan lancar.

ASN Pemkot Kendari mengikuti upacara HUT ke-51 Korpri yang dipimpin Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Gedung Balai Kota Kendari, Selasa (29/11), kemarin.

"Terima kasih atas pengabdian seluruh anggota Kopri yang diberikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara ini. Perlu diketahui, sejak pertama berdiri, Korpri adalah satu-satunya wadah pegawai RI yang selalu berupaya terus menerus melakukan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas, dan berkomitmen melayani masyarakat. Ini harus kita pertahankan dan sebisa mungkin kita tingkatkan," pungkas Pj.Wali Kota Asmawa.

Di pelataran Kantor Gubernur Sultra, Asisten III Pemprov Sultra Sukanto Toding memimpin upacara HUT Korpri mewakili Gubernur Sultra. Dalam kesempatan itu, Sukanto Toding mengatakan peringatan HUT Korpri ini menjadi momentum untuk menjunjung tinggi Panca Prasetya Korpri dan selalu menjalankan komitmen bahwa keberadaannya untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Korpri yang anggotanya seluruh ASN ini diamanatkan mengemban tugas dan meningkatkan integritas, menjaga moralitas, serta bekerja berlandaskan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Sukanto Toding, kemarin.

Mantan Kepala Badan Litbang Pemprov Sultra itu mengakui masih banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah. Sebut saja, pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Selain itu, pemberantasan KKN yang masih tersendat, ancaman terorisme dan paham radikalisme yang masih kerap terjadi.
Termasuk peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba serta pengaruh arus globalisasi/ teknologi informasi. "Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Korpri dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," ungkap Sukanto.

Sukanto menambahkan, sesuai tema HUT Korpri tahun 2022, "Korpri Melayani Berkontribusi dan Berinovasi Membangun Negeri" diharapkan seluruh ASN lingkup Pemprov Sultra untuk mengaktualisasikannya dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

"Teruslah melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri. Jadilah abdi negara dan abdi masyarakat. Jadilah bagian penting dalam mewujudkan Sultra yang Aman, Maju, Sejahterah dan Bermartabat, menuju Sultra masa depan Indonesia," pungkas Sukanto.(ags/kam/b)

  • Bagikan