Mahasiswa Prodi TLM Ikuti Konferensi Internasional di 3 Negara

  • Bagikan
Ketua Prody DIV TLM : Titi Purnama, bersama pihak kampus di Malaysia

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Eksistensi Universitas Mandala Waluya (UMW) Untuk bersaing di tingkat international semakin nampak, Mahasiswa Prodi DIV Teknologi Laboratorium Medis mengikuti Conference International dalam kegiatan Student mobility pada beberapa kampus di tiga negara yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand. Pelaksanaan Student Mobility yang berlangsung pada 26 Oktober - 6 November 2022 ini bekerjasama dengan beberapa kampus di negara tersebut. Mereka seperti : University Kebangsaan Malaysia, University College of Yayasan Pahang (Malaysia), Fatoni University (Thailand), University Teknikal Malaysia Melaka, University Sultan Zainal Abidin (Malaysia), University Utara Malaysia, dan Muhammadiyah College of Singapore. Mahasiswa Prodi DIV TLM diberikan kesempatan untuk melakukan persentase yang dihadiri oleh 16 perguruan tinggi pada setiap negara.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan dan memberikan kesempatan kepada Mahasiswa agar dapat berkompetisi di taraf internasional. Pada kesempatan ini, Mahasiswa terpilih yang mengikuti kegiatan tersebut masing-masing mempunyai artikel yang dibawakan selama kegiatan Student Mobility. Selain itu mahasiswa juga diberikan materi multi disiplin oleh pemateri dari setiap kampus yang dikunjungi.

Materi tersebut memuat berbagai bidang yang dapat memperkaya pengetahuan Mahasiswa TLM lintas disiplin ilmu. "Harapan dari kegiatan ini selain dapat menjalin kerjasama dengan berbagai negara di kanca internasional, juga mengenal beragam budaya yang ada di belahan dunia yang lain. Tentunya hal ini dapat dijadikan pengalaman oleh Mahasiswa dalam hal peningkatan kemampuannya," terang Kaprodi DIV TLM UMW,Titi Purnama, S.Si.,M.Kes.

Pada kesempatan ini, mahasiswa terpilih yang mengikuti kegiatan tersebut masing-masing mempunyai artikel yang dibawakan selama kegiatan student mobility. Selain itu mahasiswa juga diberikan materi multidisiplin oleh pemateri dari setiap kampus yang dikunjungi. Materi tersebut memuat berbagai bidang yang dapat memperkaya pengetahuan Mahasiswa TLM lintas disiplin ilmu. "Harapan dari kegiatan ini selain dapat menjalin kerjasama dengan berbagai negara di kanca internasional, juga mengenal beragam budaya yang ada di belahan dunia yang lain. Tentunya hal ini dapat dijadikan pengalaman oleh mahasiswa dalam hal peningkatan kemampuannya," terang Kaprodi DIV Teknologi Laboratorium Medis UMW, Titi Purnama, S.Si.,M.Kes.

Banyak hal dibahas bersama oleh Ketua Program Study TLM Mandala Waluya dengan pihak kampus di tiga negara tersebut. Diantara kegiatan yang telah dibahas yaitu pertukaran pelajar Mahasiswa TLM dengan beberapa kampus dan riset kolaborasi para Dosen maupun Mahasiswa dalam Penelitian. Pada kesempatan ini telah ditandangani MoU oleh Rektor Universitas dengan kampus tersebut ditambah dengan Institute of Microengineering and Nanoelectronics (IMEN). Rektor UMW, Dr. Umi Nurlila, S.Si.,M.Sc menyebutkan,jaringan Kerajasama terus dilakukan oleh Universitas Mandala Waluya di luar negeri. "Hal ini dilakukan untuk peningkatankualitas tridharma yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Universitas Mandala Waluya setara, bahkan dapat bersaing dengan kualitas pendidikan internasional kedepannya," tegas Rektor.

Pada kegiatan tersebut ada beberapa rencana yang akan ditindak lanjuti pada tahun mendatang. Hal ini telah dibahas bersama oleh Ketua Program Study TLM Mandala Waluya dengan pihak kampus di tiga negara tersebut. Diantara kegiatan yang telah dibahas yaitu pertukaran pelajar Mahasiswa TLM dengan beberapa kampus dan Riset Kolaborasi para Dosen maupun Mahasiswa dalam Penelitian. Pada kesempatan ini telah ditandangani MoU oleh Rektor Universitas dengan kampus tersebut ditambah dengan Institute of Microengineering and Nanoelectronics (IMEN). (adv)

  • Bagikan