Kendari Optimis Raih Adipura 2022

  • Bagikan
Adi Jaya Purnama

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kota Kendari target Adipura tahun 2022. Penilaian lomba Adipura telah dilakukan selama 7-10 November lalu. Optimisme meraih Adipura 2022 tak lepas dari kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari yang selalu memoles wajah kota menjadi lebih bersinar.

KEPALA Bidang Tata Lingkungan Hidup dan Kebersihan DLHK Kota Kendari Adi Jaya Purnama, mengatakan Kendari sudah dinilai dalam lomba Adipura tahun 2022. Dengan berbagai persiapan dan upaya, ia optimis Kendari akan kembali meraih Adipura tahun 2022. Apalagi sudah dua tahun Adipura tidak digelar karena covid-19.

Penilaian Adipura 2022, kata dia, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya ada penilaian P1 dan P2, sedangkan tahun ini penilaian dilakukan hanya satu kali selama 4 hari. "Penilaian antara P1 dan P2 itu memerlukan waktu yang cukup lama dan apa-apa yang menjadi catatan di P1 pada penilaian P2 itu harus diperbaiki. Sedangkan tahun ini itu dilakukan satu kali saja," jelasnya.

Katanya, kerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat dalam upaya mendapatkan kembali Adipura sangat besar. Ia optimistis Adipura akan diraih lagi. " Dengan langkah yang kita buat bersama OPD dan masyarakat, kita berdoa semoga Kendari dapat Adipura tahun ini. Menurut informasi penobatan Adipura akan dilakukan di akhir tahun 2022,” ungkapnya.

Ia menambahkan, adapun instrumen penilaian Adipura sama seperti sebelumsebelumnya yaitu, jalan protokol, jalan penghubung, pasar, sekolah, layanan Kesehatan, perkantoran, pemukiman sederhana, pemukiman pasang surut, pemukiman kumuh, sungai dan kolam pengendali banjir.(Win/b)

  • Bagikan