Wanita Tangguh di Panggung Politik

  • Bagikan
Hj. Sulaeha Sanusi,s.pd., m.si
Hj. Sulaeha Sanusi,s.pd., m.si

Tokoh Legislator Inspiratif 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hj. Sulaeha Sanusi, S.Pd, M.Si sosok yang hamble, berwibawa, cerdas, disiplin dan tangguh. Perempuan kelahiran Lambuya 15 Juni 1974 itu merobohkan hegemoni pria di panggung politik. Sudah hampir 15 tahun, ia berkelindan di parlemen. Dari level kabupaten hingga provinsi. 5 tahun di DPRD Konawe - Konawe Utara, perempuan berusia 48 tahun itu paling getol dan lantang menyuarakan kepentingan rakyat.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra Sulaeha Sanusi saat sosialisasi Perda No 4 tahun 2018 tentang kekerasan anak dan perempuan

Namun, Sulaeha merasa butuh pengabdian yang lebih luas. Ia memilih naik level di DPRD Provinsi Sultra. Rakyat Konawe-Konawe Utara, percaya bila Sulaeha dapat menjadi jembatan aspirasi mereka di parlemen Sultra, seperti saat di DPRD Konawe 2004-2009 sebagai ketua fraksi PDI Perjuangan. Sulaeha terpilih sebagai legislator Sultra periode 2014-2019, melengserkan kontestan lain yang juga menginginkan kursi daerah pemilihan (Dapil) yang sama. Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) 2019-2024, ia kembali bertarung.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Sulaeha Sanusi membuka pekan olahraga untuk memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan
RI, 17 Agustus 2022 di Kelurahan Wawombalata

Kepercayaan rakyat Konawe-Konawe Utara kepada Sulaeha, masih begitu kuat. Ia terpilih lagi, mematahkan dominasi kaum pria di jagat perpolitikan. Ketangguhan Sulaeha di panggung politik makin terbukti dengan dipercaya menjabat Ketua Komisi IV DPRD Sultra 2019-2024. Sulaeha saat masih muda bercita-cita menjadi dokter, namun kenginan itu pupus. Takdir mengantarnya ke tempat pengabdian lain. Sulaeha memulai karier sebagai ibu rumah tangga. Namun ia merasa gundah saat tahu banyak kebutuhan dan aspirasi rakayat yang tak terdengar pemerintah.

Ia merasa perlu terlibat memperjuangkan kepentingan rakyat. Bagi dia panggung politik adalah jalur pengabdian terbaik. Keinginannya memasuki belantara politik mendapat dukungan dari keluarga. Atas dukungan keluarga sehingga karier politik Sulaeha, moncer. Keluarga selalu memotivasinya untuk bekerja secara benar dan ikhlas. “Hal itulah kekuatan saya untuk selalu maju dengan niat ibadah,” kata Sulaeha. Doa dan dukungan keluarga, memengaruhi Sulaeha menjadi sosok yang tegas dan berani berhadapan dengan siapapun manakala memperjuangkan kebenaran dan kepentingan rakyat. Ia tak peduli siapa yang menghadang, bagi dia kepentingan rakyat adalah yang utama. Kini di parlemen, ia memperjuangkan hak masyarakat untuk memperoleh pelayanan Kesehatan. Itu mengonbati mimpinya menjadi dokter yang tak terwujud.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra Sulaeha Sanusi saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  • Bagikan