Menko Airlangga Hartarto Apresiasi Kinerja Emiten

  • Bagikan
Menko Airlangga Hartarto


Menyokong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengapresiasi realisasi kinerja emiten pada semester I tahun 2022. Kontribusi positifnya mampu menyokong pertumbuhan ekonomi tanah air.

Ia mengungkapkan, kinerja emiten dalam tujuh tahun terakhir yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tumbuh 6,5 persen per tahun. Hingga Agustus 2022 ada 809 emiten yang tercatat dan sepanjang tahun 2022 ada 44 emiten dengan dana terkumpul mencapai Rp21,8 triliun.

"Kapitalisasi pasar saham Indonesia juga terus meningkat dengan aliran modal asing yang terus masuk ke pasar saham Indonesia,” ungkap Menko Airlangga dalam acara Musyawarah Anggota Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Tahun 2022 yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (28/9), kemarin.

Di sisi lain, pemerintah tetap mewaspadai risiko terjadinya resesi global yang akan mendorong pelemahan demand global seperti prospek harga komoditas yang trennya mulai menurun, ekspor produk manufaktur ke Amerika Serikat yang terimbas potensi resesi, serta prospek durable goods di pasar domestik.

Sementara sektor yang relatif bertahan atau memiliki long term potensial growth antara lain telekomunikasi, jasa kesehatan, makanan dan minuman, serta komoditas hilirisasi seperti nikel.

Untuk menjaga kepercayaan dunia usaha dan menjaga momentum pemulihan ekonomi seiring meredanya pandemi Covid-19, Pemerintah mempersiapkan strategi transisi aktivitas ekonomi dari pandemi ke endemi.

  • Bagikan