Kolaborasi Mengembangkan Pariwisata Sultra

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kiri), Direktur Akademi Pariwisata Nusantara Berdaya Sultra Moses Hinapadu (dua dari kanan), usai kunjungan silaturahmi di Kantor Graha Pena Kendari Pos, Rabu (31/8), kemarin. FOTO: MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kaya akan potensi pariwisata. Ada destinasi wisata alam, wisata religi, wisata situs sejarah, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan jika dunia internasional sebagai pasar pariwisata potensial tidak mengetahui destinasi wisata di Sultra. Dalam konteks ini, peran media massa sangat strategis menggaungkan keindahan potensi pariwisata Sultra di mancanegara.

Untuk itu, Direktur Akademi Pariwisata Nusantara Berdaya Sultra, Moses Hinapadu menggandeng Harian Kendari Pos untuk bersama-sama mendorong pengembangan potensi wisata. Direktur Moses Hinapadu mengatakan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di dunia pariwisata Sultra begitu besar. Sebab, Sultra memiliki banyak destinasi wisata yang berpotensi berkembang sangat pesat ke depannya.
Namun saat ini, kesiapan dan partisipasi generasi milenial pada sektor pariwisata masih sangat minim. Direktur Moses Hinapadu meyakini pariwisata Sultra akan berkembang dan maju di tangan generasi milenial Sultra yang didukung kekuatan media massa sebagai wadah sosialisasi.

“Kami mencoba merubah mindset atau cara berpikir masyarakat tentang pariwisata itu seperti apa. Kami akan memahamkan bahwa pariwisata ini adalah kebutuhan daripada perkembangan dunia saat ini. Dengan itu, kami mencoba merangkul media massa untuk bersama-sama melakukan perubahan," ujarnya usai kunjungan silaturahmi kepada Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos, Rabu (31/8), kemarin.

Direktur Moses Hinapadu menjelaskan pihaknya akan mengedukasi dan membentuk karakter anak muda di Sultra agar mempunyai skill sehingga tidak lagi menjadi penonton di negeri sendiri. Direktur Moses Hinapadu menyebut Akademi Pariwisata Nusantara Berdaya Sultra mengembangkan dan memajukan pariwisata mendapat respons dari Dinas Pariwisata Pemerintah Kota (Dispar Pemkot) Kendari.

"Kami dapat support dari Kepala Dispar Pemkot, agar kami dapat memberikan peluang kepada anak-anak muda tentang pariwisata ini. Kami juga perlu adanya dukungan media massa khususnya Harian Kendari Pos untuk bersama-sama membantu kami dalam merubah mindset masyarakat," jelas Direktur Moses Hinapadu.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin sangat mendukung gerakan Akademi Pariwisata Nusantara Berdaya Sultra dalam ikhtiar memajukan pariwisata Sultra dan Kendari. Gerakan itu memberi peluang bagi generasi milenial Sultra untuk menjadi orang-orang berkualitas di kotanya sendiri tanpa melibatkan orang asing.

"Saya pikir ini adalah ide yang sangat bagus karena dapat memberikan peluang untuk anak-anak kita sehingga tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri," ujar Direktur Irwan Zainuddin. (win/b)

  • Bagikan