Lagi, MPP Tambah Empat Layanan

  • Bagikan
Sulkarnain Kadir


-Soft Launching Balai Kota Diundur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Balai Kota Kendari sejatinya soft launching 17 Agustus lalu. Namun karena adanya tambahan empat layanan baru di Mall Pelayanan Publik (MPP), proyek mercusuar Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari harus diundur. Jika sebelumya hanya 28 layanan, kini menjadi 32 layanan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan pihaknya harus menyediakan ruang yang cukup dengan adanya penambahan layanan. Sebab MPP dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat. Semakin banyak instansi yang bergabung malah lebih baik.

"Memang agak tertunda, karena kita ingin betu-betul persiapannya maksimal sehingga ketika nanti dilaunching bisa memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Sulkarnain Kadir, Kamis (18/8).

Selain tambahan layanan kata dia, masih ada beberapa bagian gedung Balai Kota yang sementara dalam tahap pengerjaan. Misalnya pengerjaan tower dan gedung podium. "Secara umum progresnya sudah baik. Kalau tower dan podium progresnya sudah di atas 90 persen. Sementara gedung parkir termasuk lapangan upacara progres sudah hampir 100 persen," ungkap Sulkarnain.

Mantan Anggota DPRD Kota Kendari ini meyakini kehadiran Balai Kota ini akan semakin memudahkan layanan administrasi kepada masyarakat. Pasalnya, ada MPP yang menghadirkan sekira 32 layanan masyarakat. Diantaranya layanan administrasi kependudukan (Adminduk), perizinan, pengurusan SIM, pasport, pembayaran pajak, perbankan dan lainnya. "Jumlah (layanan)-nya cukup banyak. Ini (MPP) kiga persembahkan untuk masyarakat," ungkapnya.

Menariknya lagi, kata dia, MPP Kota Kendari nantinya akan beroperasi (melayani masyarakat) hingga Sabtu dan Minggu. Jadi untuk masyarakat yang ingin berurusan bisa langsung datang ke Mal Pelayanan Publik. Kami "buka setiap hari tanpa harus menunggu hari senin," kata Sulkarnain. (b/ags)

Mega Proyek Balai Kota
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Masa Pengerjaan 2019-2022
Pembiayaan Multiyears
Miliki Tiga Bangunan Utama (Podium, Parkir dan Tower)
Ditargetkan Rampung September

Soft Launching Tertunda

  1. Tambahan 4 Layanan Baru
    -Dari 28 Menjadi 32 Layanan)
  2. Pengerjaan Finishing Gedung Podium dan Tower Belum Tuntas
    -Gedung Podium dan Tower di atas 90 Persen
    -Gedung Parkir sudah hampir 100 Persen

Tahap I (2019) Gedung Utama (gedung podium) Rp 57 Miliar
Tahap II (2021) Perampungan Gedung dan Interior Rp 80 Miliar
Tahap III (2022) Pembangunan Tower Setinggi 9 Lantai Rp 133 Miliar

  • Bagikan