Semangat Merdeka Membangun Daerah

  • Bagikan


--Gubernur, Wali Kota Kendari, Bupati Konawe, Bupati
Bombana, Pj. Bupati Buteng dan Rektor UHO Pimpin Upacara HUT ke-77 RI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 bergema di seantero negeri. Semangat patriotisme dan nasionalisme menggaung. Semangat merdeka dalam konteks membangun daerah tertera dalam tema HUT ke-77, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Kepala daerah dan pemimpin pendidikan tinggi di Sultra pun memimpin upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di daerah masing-masing.Di Pemprov Sultra, Gubernur Ali Mazi menjadi inspektur upacara. Begitu pula Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Bupati Bombana Tafdil, Pj.Bupati Buton Tengah (Buteng) Muh.Yusup dan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO Prof. Muh Zamrun Firihu.

Gubernur Ali Mazi mengatakan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat bermakna memacu gairah dan motivasi kerja semua komponen bangsa, agar melakukan langkah-langkah percepatan dalam pembangunan pasca terpaan badai pandemi Covid-19. Sehingga kondisi ekonomi daerah dan bangsa pulih dan bangkit lebih cepat serta lebih tangguh di tengah kondisi ekonomi global kedepan yang diprediksi melemah.

“Olehnya itu, saya mengajak DPRD dan komponen pembangunan di daerah ini, mari jadikan momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, untuk terus bersatu dan bersinergi mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan potensi daerah, demi percepatan pemulihan dan penguatan ekonomi Sultra untuk ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan maju," ujar Gubernur Ali Mazi dalam kata sambutannya saat upacara HUT ke-77 di pelataran Rujab Gubernur Sultra, Rabu (17/8), kemarin.

Di Kendari, Wali Kota Sulkarnain Kadir memimpin upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di lapangan Balai Kota Kendari. Ia menegaskan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ini dimanfaatkan untuk mengisinya dengan karya, kontribusi positif serta berbagai prestasi untuk kemajuan daerah dan bangsa. Di sisi lain, ia meminta seluruh jajarannya untuk bersinergi membangun daerah Kota Kendari.

"Mari kita merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Dasar-dasar negara tersebut menuntun kita semua untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju," ujar Wali Kota Sulkarnain.

Di Kabupaten Konawe, Bupati Kery Saiful Konggoasa menyeru warganya agar merawat dan menjaga keutuhan NKRI. "Generasi muda harus memiliki jiwa patriotisme dan rasa nasionalisme tinggi. In Sya Allah kalau itu kita lakukan, perubahan di daerah kita akan berjalan positif. Mari kita bersama-sama membangun daerah dengan semangat kebersamaan," ujar Kery Saiful Konggoasa.

Di Bombana, Bupati Tafdil terakhir kali memimpin upacara HUT RI. Sebab, 22 Agustus nanti dia turun takhta. Bupati Tafdil berpamitan dan memohon maaf ketika memimpin Bombana sedikit "lebih keras" dan menuntut jajarannya bekerja maksimal. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat Bombana yang sudah all out membantu menyukseskan program kerja Pemda. Saya meminta maaf, apabila dalam memimpin belum sesuai harapan. Kami sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk Bombana menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu memaknai HUT ke-77 ini sebagai momentum menunjukkan bakti dan rasa cinta terhadap Republik Indonesia, khususnya mendorong perluasan akses pendidikan berkualitas. "Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Terus bangkitkan semangat kemerdekaan dan bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan, " ujarnya usai memimpin upacara HUT ke-77 RI, kemarin.

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Buton Tengah (Buteng) dipusatkan di calon kawasan perkantoran Labungkari. Pj.Bupati Buteng Muhammad Yusup memilih lokasi tersebut sebagai wujud keseriusan pemda membangun Buteng. “Di tempat inilah akan dibangun perkantoran. Kita isi kemerdekaan ini salah satunya dengan membangun. Saya akan memperlihatkan kepada masyarakat keseriusan Pemda membangun daerah,” ujarnya. (jib/ags/adi/idh/rah/uli/b)

  • Bagikan