Mata Rombeo, Masuk Wisata Unggulan Sultra

  • Bagikan
Belli Harli Tombili

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan tujuh destinasi unggulan di Bumi Anoa. Objek wisata, Mata Rombeo yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan menjadi wisata minat khusus.

Kepala Dispar Sultra, Belli Harli Tombili, mengatakan, pihaknya mendorong pengembangan wisata Mata Rombeo. Gubernur, kata dia, menetapkan objek wisata itu menjadi satu dari 7 destinasi wisata unggulan Sultra. Mota Rombeo, akan menjadi penyanggah wisata di Wakatobi.

"Pengembangan Mata Rombeo sebagai tujuan wisata itu sangat didukung Pemprov. Mata Rombeo ini kita ajukan untuk jadi wisata minat khusus. Seperti dijadikan tempat penelitian, dan juga untuk orang-orang yang suka atau gemar mengeksplore goa," Ujarnya (7/8).

Alasan Mata Rombeo sebagai wisata minat khusus, kata dia, karena sebagai salah satu kawasan kars. Punya salah satu lukisan purba yang sudah pernah diteliti. Dengan menjadi wisata minat khusus, maka menjaga lokasi tersebut agar tetap bersih dan lukisan purba tetap terjaga.

"Karena dengan wisata minat khusus, maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa kesana yang memang berminat melihat dan meneliti secara langsung tempat tersebut," Ungkapnya.

Jika lukisan purba Mata Rombeo diteliti lebih lanjut, mungkin akan bisa menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang asal usul dari mana masyarakat Sultra. "Saya harap ada satu lembaga peneliti atau mungkin Perguruan Tinggi melakukan riset. Sehingga kita bisa mengetahui, usia lukisan, lukisan itu menjelaskan tentang apa,"pungkasnya. (jib)

  • Bagikan