44 Pelaku Usaha Meriahkan UMKM Expo Sultra 2022

  • Bagikan
Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif (paling kiri) bersama Kepala BI Perwakilan Sultra Doni Septadijaya (tengah) dan Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya saat memberikan pemaparan jelang pelaksanaan UMKM Sultra Expo 2022.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 44 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) se-Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal memeriahkan kegiatan UMKM Expo Sultra 2022. Rencananya, pelaksanaannya berlangsung mulai 21 hingga 23 Juli mendatang di pelataran MTQ Kendari.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra Doni Septadijaya mengungkapkan UMKM Expo merupakan kegiatan sinergitas dan kolaborasi untuk pengembangan UMKM diberbagai stakeholder seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Bank Sultra, Kadin Sultra dan lembaga lainnya.

"Diharapkan melalui UMKM Expo ini, pelaku usaha dapat memasarkan produk unggulannya baik ditingkat lokal, nasional maupun skala ekspor," ungkap Doni saat konferensi pers jelang UMKM Sultra Expo yang digelar BI dan Bank Sultra, kemarin.

Rangkaian UMKM Expo lanjutnya, sudah dijalankan sejak Mei 2022. Mulai dari peningkatan kapasitas UMKM, edukasi pemasaran hingga kualitas produk serta label sertifikasi halal. "Dari segi kualitas produk kami sudah menetapkan standar, semoga para pelaku UMKM bisa mengikuti standarisasi kualitas produk tersebut," ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga bakal meresmikan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren yang tergabung di 18 pesantren binaan BI yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sultra. “Di UMKM Expo nanti, kami berencana meresmikan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren,” ujarnya. Melalui organisasi tersebut, aplikasi dapat menghubungkan 18 pesantren binaan Bank Indonesia dalam suatu ekosistem bisnis.

"Maksudnya di sini, bagaimana kita bisa mengkonesikan usaha-usaha kecil yang sudah dibangun di masing-masing pesantren, agar bisa menjadi suatu ekosistem perekonomian yang solid,” jelasnya.

Untuk mendukung kelancaran transaksi digital di kegiatan UMKM Expo, BI menghadirkan fasilitas pembayaran QRIS pada pelaku UMKM. Saat ini, sudah lebih dari 83 ribu UMKM yang sudah menggunakan QRIS sebagai sarana pembayaran dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami harap penggunaan QRIS dapat diakses oleh masyarakat seluas-luasnya karena dengan menggunakan QRIS sistem pembayaran akan semakin mudah, karena tidak perlu bersentuhan dengan uang maupun dengan sipenjual," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif mengatakan Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif menyambut baik pelaksanaan UMKM Sultra Expo tahun ini. Menurutnya, event tersebut menjadi momentum bagi UMKM Sultra bangkit pasca pandemi Covid-19. "Kami sangat mendukung pelaksanaan Event UMKM Sultra Expo," ujarnya.

Abdul Latif yakin, dukungan yang diberikan selain bisa mensukseskan pelaksanaan kegiatan, juga berefek positif dalam membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. "Kami berkomitmen mendorong pelaku UMKM bisa naik kelas. Termasuk mendorong promosi dan penguatan brand, perluasan akses pasar, dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM," kata Abdul Latif.

Ia berharap, seluruh pihak bisa berkontribusi terhadap penyelenggaraan even kali ini. Pasalnya, dukungan yang diberikan akan sangat bermanfaat bagi pengembangan UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian daerah dan negara.

Sekedar informasi, Event UMKM Sultra Expo bakal digelar pada 20 - 23 Juli 2022. Event tahunan ini digagas oleh Pemprov Sultra, Bank Indonesia, Bank Sultra, dan berbagai lembaga/instansi lainnya. Event tersebut juga dirangkaikan dengan launching kartu debit dan mobil banking, pameran UMKM serta hiburan oleh artis ibukota. (b/ags)

  • Bagikan