Rp 13 Miliar Benahi 6,5 Kilometer Jalan di Konsel

  • Bagikan
Burhanuddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemprov mencatat 1.009 kilometer jalan provinsi tersebar di 17 kabupaten/kota. Tahun ini, Pemprov memprioritaskan pembenahan jalan provinsi di Konawe Selatan (Konsel). Anggaran sebesar Rp 13 miliar dialokasikan untuk memperbaiki jalan sepanjang 6,5 kilo meter.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemprov Sultra, Burhanuddin, Kemarin (18/07). Tahun ini,pihaknya akan menangani pemeliharaan jalan. Tujuannya, mewujudkan keinginan dan harapan Gubernur Ali Mazi agar masalah jalan yang rusak parah itu bisa diminimalisir. Contohnya, jalan provinsi di wilayah Konsel.

"Tahun ini, ada kegiatan pemeliharaan jalan provinsi di Konsel dengan menggunakan anggaran APBD," jelasnya. Jumlah ruas pemeliharaan jalan di daerah itu, kata Burhanuddin, mencapai 6 kilometer. Dengan memprioritaskan titik jalan yang rusak parah. Yakni, Ambepua-Angata sepanjang 3 kilometer dengan anggaran sekira Rp 6 miliar.

Rute Motaha-Lambuya sepanjang 1,5 kilometer dengan total anggaran Rp 3 miliar. Pemeliharaan jalan rute Andoolo-Tinanggea sekitar 2 kilometer dengan jumlah anggaran Rp 4 miliar. "Sehingga total pembangunan pemeliharaan jalan di Konsel tahun ini sekitar Rp 13 miliar. Semua yang sudah dianggarkan di APBD 2022 itu, sudah tuntas dilelang. Bahkan sudah ada yang sementara dikerja," imbuhnya.

Adapun untuk ruas jalan Landono tersebut, dirinya akan kembali mengusulkan di perubahan APBD Pemprov tahun anggaran 2022. "Jalan rusak parah di rute ini mencapai 1,5 kilometer. Dengan proyeksi anggaran sekira Rp 3 miliar. Kita harapkan masyarakat tetap bersabar, karena penanganan jalan ini kita kondisikan kemampuan keuangan yang ada. Jadi pelan-pelan kita atasi, "pinta Burhanuddin. (kam/b)

  • Bagikan