Kemenag Komitmen Maksimalkan Layanan Keumatan

  • Bagikan

-Gandeng Pemkot Kendari dan Pemkab Konut

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kemenag Sultra berupaya memperkuat pelayanan umat beragama di Sultra. Lembaga yang dipimpin Zainal Mustamin itu membangun sinergi dengan Pemkot Kendari dan Pemkab Konawe karena dianggap bisa memberi dukungan untuk menjalankan kegiatan keumatan.

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Sultra Zainal Mustamin saat membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) bertajuk "Akselerasi transformasi layanan umat berbasis layanan Bersih, Religius, Santun, Harmonis, Berbasis Teknologi (Bersahabat) di Hotel Azizah, Senin (18/7).

Katanya, kedepan, pelayanan keumatan akan dibuat semakin simpel. Memberikan pelayanan yang semakin mudah untuk semua kabupaten/kota hingga kecamatan. Tentunya, pelayanan berbasis teknologi, sehingga layanan yang sudah digitalisasi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Misalnya layanan haji, pernikahan, dan lainnya.

Saat ini, pihaknya baru mencoba sinergi dengan dua daerah sebagai representasi untuk mewujudkan peningkatan kualitas layanan umat. Ia melihat banyak prestasi yang telah diraih Bupati Konawe Utara Ruksamin dan Wali Kota Kendari Sulkarnain dalam membangun daerah. Karena itu, pengalaman dalam mengelola keuangan, memberikan layanan kepada masyarakat bisa diadaptasi.
"Jadi kita ingin belajar dari mereka dan kita ingin sinergi penganggaran," bebernya.

Bentuk sinergi, kata Zainal, soal jemaah haji yang ke Embarkasi Makassar diharapkan bisa dialokasikan bantuan transportasi dan akomodasinya melalui APBD. Layanan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan memiliki gedung yang representatif.

"Tetapi kalau tidak ada hibah tanah dari pemerintah kabupaten/kota itu akan menyulitkan kita membangun. Karena sebagian KUA menggunakan tanah-tanah dari pemerintah kecamatan. Begitu juga dengan madrasah, kita juga ingin bangun madrasah tapi selama ini kita tidak tahu lahan-lahan itu milik pemerintah, jadi andaikan bisa dihibahkan nanti kita akan bangun di atasnya," imbuhnya.

Olehnya itu, menurutnya jika pihaknya bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota dengan baik maka dapat membantu layanan bagi umat beragama. "Inilah yang kita sebut sinergi yang berenergi atau sebaliknya energi yang bersinergi," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain melalui Sekretaris Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan perencanaan pembangunan kota berjalan dengan baik di era kepemimpinan Sulkarnain. Ia optimis Kendari akan tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik. (m4/b)

  • Bagikan