Jawara Lomdeskel Disiapkan Tarung di Nasional

  • Bagikan

-7 Daerah Lomdeskel Lulus Administrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah melakukan penilaian lomba desa dan kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Sultra tahun 2022, 22 Juni hingga 15 Juli 2022. Desa dan kelurahan di tujuh daerah di Bumi Anoa dinyatakan memenuhi syarat adminsitrasi untuk berlaga ditahap berikutnya. Pemenang akan bertarung di level regional dan nasional.

Masing-masing, Desa Linonggasai, Kecamatan Wonggeduku Barat Kabupaten Konawe, Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan dan Kelurahan Malai Kecamatan Murhum Kota Baubau (lengkap, lihat grafis).

Kepala Dinas PMD Sultra I Gede Panca, menegaskan tim penilai Lomdeskel tingkat Sultra menitikberatkan pada keterkaitan dan kesesuaian antara profil desa/kelurahan (Prodeskel) dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel), dengan dokumen perencanaan dan penganggaran desa/kelurahan. Memperhatikan inovasi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19 serta pengembangan e-government dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

Penilaian lomba merujuk Permendagri No. 81 tahun 2015. Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sultra ini mengatakan dari 1.908 desa dan 377 kelurahan, hanya ada lima desa plus dua kelurahan di tujuh daerah yang lolos seleksi berkas.

Katanya, jawara lomba desa, akan berlaga di tingkat Regional (wilayah Indonesia Timur) pada awal Agustus 2022, dan tingkat nasional awal September 2022.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD Sultra Syaifullah, mengungkapkan, persaingan peserta lomba tahun ini sangat ketat. Masing-masing desa dan kelurahan memiliki produk unggulan, inovasi, Sistem Informasi Desa (SID), partisipasi masyarakat yang tinggi, kearifan lokal desa kelurahan yang sangat mendukung.

"Kendalanya desa dan kelurahan tentang aplikasi Prodeskel dan Epdeskel adalah jaringan internet yang terkadang lambat sehingga ketika kami memeriksa aplikasi Prodeskel dan Epdeskel kadang sulit terbuka," terangnya.(m4/b)

Lulus Seleksi Administrasi

Konawe: Desa Linonggasai, Kecamatan Wonggeduku Barat
Konawe Selatan : Desa Tambosupa, Kecamatan Moramo
Konawe Kepulauan: Desa Mataiwoi Kecamatan Wawonii Utara
Buton Tengah: Desa Lasori Kecamatan Mawasangka Timur
Buton Utara: Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu dan Kelurahan Bonegunu, Kecamatan Bonegunu
Baubau: Kelurahan Melai Kecamatan Murhum
Kendari: Kelurahan Kessilampe, Kecamatan Kendari Barat

  • Bagikan